16 July 2020, 19:05 WIB

Terlalu Dini PSBB Dicabut, Kasus Covid Purwakarta Melonjak


Reza Sunarya. | Nusantara

PASKA status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dicabut, jumlah positif Covid-19 di Kabupaten Purwakarta mengalami peningkatan. Termasuk jumlah ODP dan PDP di sana.

"Kini, jumah warga yang berstatus ODP ada sembilan dan PDP ada enam. Untuk yang terkonfirmasi positif tujuh orang dan OTG tetap 88 orang," Kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan, Kamis (16/7).

Deni mengatakan secara kumulatif jumlah warga yang terkonfirmasi positif di wilayah Kabupaten Purwakarta sebanyak 38 orang. Dari jumlah itu, 30 orang telah dinyatakan sembuh, satu meninggal dan yang masih dirawat hingga hari ini tujuh orang, padahal sebelumnya tinggal seorang.

Baca Juga: Purwakarta Terapkan PSBB hanya di Enam Kecamatan

Dijelaskan Deni Darmawan, kembali naiknya kasus Covid 19 di Purwakarta disebabkan telah dicabutnya status SPBB sehingga tingkat penyebarannya menjadi sangat cepat. "Ini karena PSBB sudah dicabut jadi penyebarannya menjadi cepat," dalih Deni.

Deni Darmawan meminta masyarakat untuk disiplin melakukan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap altivitas. Pasalnya, diperlukan peran semua pihak untuk secara bersama-sama melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Deni  mengingatkan, meski saat ini memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, namun masyarakat harus tetap waspada karena virus sangat dimungkinkan penyebarannya juga melalui udara. (OL-13)

Baca Juga: Pemerintah Setop Pembangunan Makam Adat Sunda Wiwitan

BERITA TERKAIT