16 July 2020, 18:44 WIB

JK Minta Masjid Sebarkan Protokol Kesehatan ke Masyarakat


Mediaindonesia.com | Humaniora

KETUA Umum Dewan Masjid Indonesia HM Jusuf Kalla (JK) meminta masjid menjadi sarana untuk menyerukan protokol kesehatan selama pandemi covid-19.

Seruan itu, kata JK, bisa dilakukan setiap menggelar salat lima waktu melalui pengeras suara masjid.

Hal ini disampaikan JK saat menggelar webinar dengan seluruh pengurus DMI se-Indonesia di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (16/7).

"Fungsi masjid adalah untuk memakmurkan dan dimakmurkan. Oleh karena itu, masjid harus menjadi pusat orang menyelesaikan masalah dan menjadi pusat syiar untuk mendidik masyarakat agar hidup disiplin dan hidup sehat," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Mediaindonesia.com.

Menurut JK, ada tiga cara untuk menghindari penyebaran virus covid-19. Caranya ialah, menjaga jarak,  memakai masker, serta rajin mencuci tangan.

JK menambahkan, masjid mempunyai kekuatan yang besar untuk menyampaikan seruan protokol kesehatan kepada masyarakat. Karena masjid memiliki ribuan speaker yang setiap salat lima waktu dapat dibunyikan. JK juga meminta rumah ibadah lainnya untuk melakukan seruan kepada para jemaahnya agar menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah

Wakil Presiden periode 2014-2019 itu juga mengimbau masyarakat jangan hanya mengkritik kebijakan pemerintah, tetapi bersama sama membantu pemerintah melawan penyebaran virus covid-19.

"Bukan waktunya kita untuk mengkeritik pemerintah,waktunya kita bekerja bersama pemerintah untuk menyelesaikan persoalan covid-19,agar bangsa kita dapat bangkit," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT