16 July 2020, 15:00 WIB

Laris Saat Pandemi, Sony Tingkatkan Produksi PS5


Galih Agus Saputra | Weekend

PERUSAHAAN raksasa di bidang elektronik, Sony Corp baru-baru ini dikabarkan meningkatkan produksi konsol gim terbarunya, Playstation (PS) 5. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi efek jangka panjang pandemi korona (Covid-19), yang di sisi lain turut meningkatkan permintaan (demand) pasar.

Sebagaimana diberitakan Bloomberg, perusahaan multinasional asal Jepang itu juga sudah memberitahu mitra pemasok dan perakit bahwa permintaan konsol akan meningkat secara radikal dalam beberapa waktu ke depan. Jika sebelumnya mereka berencana memproduksi PS5 sebanyak lima hingga enam juta unit untuk mencukupi persediaan Maret 2021, maka kini mereka meningkatkan jumlahnya menjadi 10 juta unit.

Sumber anonim yang dikutip Bloomberg mengatakan, meskipun saat ini Sony punya dukungan manufaktur yang kuat, tetapi ia mungkin tetap tidak dapat menempatkan cukup unit di rak-rak toko. Terlebih, sebagian besar konsol gim Sony dibuat di Tiongkok dan dikirim melalui jalur laut ke seluruh dunia.

"Proses pengiriman butuh waktu berbulan-bulan, untuk melakukan perjalanan misalnya dari Tiongkok ke AS dan Eropa. Nintendo Co. tahun ini juga mengalami kesulitan yang sama untuk mengisi ulang konsol Switch-nya yang populer di berbagai tempat," tutur sumber tersebut.

Persoalan serupa sebenarnya pernah ditemui Sony saat merilis PS4. Kala itu mereka mengatasinya dengan mengubah pengiriman melalui jalur udara. Namun, karena saat ini penerbangan masih terbatas, langkah itu tidak dipilih sebagai jalan keluar. Perubahan kapasitas produksi ini juga tergolong cepat, mengingat produksi masal baru saja diumumkan Sony atau lebih tepatnya pada Juni silam. (M-1)

BERITA TERKAIT