15 July 2020, 15:05 WIB

Guardiola Serang Balik Klopp dan Mourinho


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Pep Guardiola menyerang balik pernyataan Jose Mourinho dan Juergen Klopp yang mengkritik keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang mengabulkan banding Manchester City atas hukuman UEFA.

Dengan begitu, Manchester City terbebas dari sanksi UEFA larangan bermain di kompetisi Eropa selama dua tahun dan denda dikurangi dari €30 juta menjadi €10 juta. CAS menilai sebagian besar dugaan pelanggaran financial fair play (FFP) yang disebutkan UEFA tidak terbukti dilakukan.

UEFA menilai City menggelembungkan pendapatan sponsor, sehingga terhindar dari sanksi FFP yang diajukan antara 2012 dan 2016.

Manajer Liverpool Juergen Klopp mengatakan keputusan yang memenangkan City bukanlah hari yang baik bagi sepak bola. Pasalnya, ia yakin aturan FFP penting untuk melindungi tim atau olahraga secara keseluruhan.

Manajer Tottenham Jose Mourinho mengatakan keputusan yang dikeluarkan CAS itu 'memalukan' dan menghadirkan 'bencana'. Ia beralasan jika City tidak bersalah, maka seharusnya tidak didenda. Jika mereka bersalah, penangguhan hukuman seharusnya dilakukan.

Baca juga: Klopp dan Mourinho Kritik Kemenangan City Atas UEFA

Mendengar pernyataan itu, Guardiola mempersilakan rivalnya di Liga Primer itu untuk berbicara langsung padanya. Guardiola mengatakan ia akan menjelaskan alasan City bisa terbebas dari sanksi UEFA.

"Pernyataan tiga hakim independen itu jelas, tapi jika mereka mau, mereka tahu nomor telepon saya. Mereka bisa menghubungi saya dan saya bisa jelaskan. Tidak masalah," kata Guardiola, dilansir dari Skysports.

"Tapi saya pikir kami tidak perlu berdiskusi panjang lebar karena pernyataannya jelas. Semua tuduhan yang mengatakan kami berbohong atau curang, tidaklah demikian. Kami bersih, seperti yang mereka katakan," ungkapnya.

Eks pelatih Barcelona itu mengatakan anak asuhnya pantas tampil di Liga Champions berkat penampilan musim ini.

"Saya sangat bahagia. Mereka (pemain) adalah alasan kami berada di Liga Champions musim depan karena apa yang mereka lakukan di atas lapangan. Di luar lapangan, mungkin klub lain lebih baik, tapi di atas lapangan kami sedikit baik pada tiga atau empat tahun terakhir," kata Guardiola. (Skysports/OL-14)

BERITA TERKAIT