15 July 2020, 11:02 WIB

Drogba Terancam Gagal Jadi Presiden PSSI-nya Pantai Gading


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

UPAYA Didier Drogba untuk menjadi Presiden Asosiasi Sepak Bola Pantai Gading (FIF) semakin sulit setelah pada Selasa (14/7), Asosiasi Pemain Pantai Gading (AFI) menyatakan dukungan mereka untuk orang lain.

Drogba butuh dicalonkan oleh salah satu dari lima badan sepak bola yang ada di negara Afrika itu.

AFI merupakan badan keempat yang menyatakan pilihan mereka dan semuanya tidak mendukung Drogba.

Baca juga: PSSI Minta Pendukung tidak Menonton Langsung di Stadion

AFI menyatakan dukungan mereka untuk Wakil Presiden FIF Idriss Diallo yang juga didukung oleh mantan pemain timnas Bonaventure Kalou, Cyril Domoraud, dan Ahmed Ouattarau untuk pemilihan pada 5 September mendatang.

"Sesuai dengan keinginan mayoritas anggota, kami memutuskan memberikan dukungan AFI kepada Idriss Diallo," ujar AFI dalam pernyataan resmi yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Aruna Dindane.

"Keputusan ini diambil berdasarkan rekomendasi dari dua pertiga delegasi yang menggelar pertemuan, Jumat (10/7) lalu," imbuhnya.

Yaya Toure, yang bersama kakaknya Kolo Toure, mendukung Drogba, mengaku terkejut dengan keputusan AFI itu.

"Pemain Pantai Gading yang bermain di Eropa khawatir dengan situasi saat ini dan tidak mengerti mengapa AFI tidak mau mendukung Didier Drogba," kata Toure.

Dari lima badan yang bisa mendukung kandidat presiden FIF, empat telah menyatakan dukungan mereka.

Asosiasi pelatih, sama seperti AFI, mendukung Diallo.

Asosiasi mantan pemain dan asosiasi wasit mendukung presiden Liga Pantai Gading Sory Diabate yang juga didukung pemain dengan penampilan terbanyak di Pantai Gading Didier Zokora dan mantan pemain timnas Youssouf Falikou Fofana dan Abdoulaye 'Ben Badi' Traore.

Tinggal asosiasi dokter sepak bola yang belum menyatakan dukungan mereka. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT