14 July 2020, 01:35 WIB

Skuat Maung Bandung masih Lakukan Latihan Mandiri


Widhoroso | Sepak Bola

SKUAT Persib Bandung kembali diminta menjalani latihan mandiri. Penyebaran virus korona yang masih luas di daerah Kota Kembang, jadi sebab para pemain Maung Bandung belum dikumpulkan.

Sebelumnya, Persib berencana berlatih kembali pada awal pekan lalu. Akan tetapi, karena situasi dirasa belum aman akhirnya pasukan Robert Rene Alberts tersebut batal melangsungkannya.

Berlatih mandiri bukan sesuatu yang baru untuk pemain Persib. Semenjak kompetisi dihentikan akibat pandemi virus korona, Febri Hariyadi dan kawan-kawan latihan di kediaman masing-masing dengan program yang disiapkan tim pelatih.

Namun, pada latihan mandiri yang sekarang pemain dibebaskan untuk menentukannya sendiri dengan berbagai variasi. Terpenting, penggawa Persib, menerapkan protokol kesehatan saat berlatih.

"Berlatih tetap mandiri. Hanya saat ini pemain bisa berlatih di luar rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata pelatih fisik Persib Yaya Sunarya dikutip laman resmi klub.

"Pemain juga bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan latihan. Mereka sekarang bisa bersepeda ataupun lari dan tempat lebih mudah memilih," Yaya menambahkan.

Kendati begitu, Yaya menyampaikan tetap target yang dipatok dalam latihan mandiri sekarang. "Lebih di aerobik. Latihan bisa dengan program dari pemain. Kami juga memberikan masukan tentang program kepada pemain yang membutuhkan," ucapnya.

Penjaga gawang Persib Dhika Bayangkara mengaku tidak masalah. Ia menjelaskan kondisi tetap terjaga dengan bagus karena mengikuti seluruh program latihan yang diberikan pelatih kiper Luizinho Passos.

"Saya tetap menjalankan latihan mandiri dari program pelatih kiper. Setiap harinya ada program berbeda. Sehari latihan dengan bola, dan berikutnya tanpa bola," ujar Dhika.

Pertandingan lanjutan Liga 1 musim ini bakal dihelat pada 1 Oktober mendatang. Kepastian tersebut didapatkan setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengeluarkan surat bernomor 244/LIB-COR/VII/2020, tertanggal 10 Juli 2020.

Seluruh pertandingan Liga 1, dipusatkan di Pulau Jawa. Tidak boleh ada penonton dalam setiap laga dimainkan untuk mencegah infeksi virus korona yang penyebarannya masih luas di Tanah Air. (R-1)

BERITA TERKAIT