13 July 2020, 19:41 WIB

Perbanas Optimistis Industri Perbankan Bangkit di Kuartal III


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

PERHIMPUNAN Bank Nasional (Perbanas) melakukan pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), keduanya optimis industri perbankan akan bangkit pada kuartal III.

Ketua Umum Perbanas, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan melalui restrukturisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dinilai efektif dan membantu sektor riil untuk mengatasi kondisi cashflow dalam situasi pandemi covid.

"Tentunya kami berharap dan cukup optimistis bahwa triwulan III ini mulai kebangkitan untuk industri perbankan kita di mana diharapkan permintaan kredit dan juga pertumbuhan dari sisi modal kerja baru kepada debitur lebih bisa mulai positif," kata pria yang biasa disapa Tiko saat konferensi pers setelah pertemuan dengan OJK, Senin (13/7).

Pada kuartal III nanti diharapkan perbankan sudah mulai untuk bisa menyalurkan kredit baru dan memberikan modal kerja kepada para debitur baik UMKM dan korporasi.

Baca juga: BI: Kegiatan Usaha pada Triwulan II 2020 Terkontrasi -35,75%

Dalam pertemuan dengan OJK tersebut Perbanas membicarakan penjaminan kredit UMKM sebesar Rp10 miliar dan dijamin oleh pemerintah melalui PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo.

"Kami harapkan seluruh perbankan nasional baik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), swasta maupun bank syariah bisa memanfaatkan sehingga di kuartal III ini selain kredit KUR yang sudah menjadi program unggulan, program penjaminan UMKM ini juga menjadi unggulan dari pemerintah," ujar Tiko.

Program tersebut untuk meningkatkan kredit dan memberikan modal kerja bagi pengusaha setelah adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kartiko juga mengungkapkan saat ini sedang menunggu kelonggaran untuk korporasi yang masih dibahas bersama dengan Kementerian Keuangan.

"kita optimistis bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di semester II 2020 ini agar diharapkan di semester II ini pertumbuhan ekonomi bisa masuk teritori positif lagi," tutup Tiko. (A-2)

 

BERITA TERKAIT