13 July 2020, 19:23 WIB

Dua Rute Royaltrans Kembali Beroperasi


Sri Utami | Megapolitan

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) membuka kembali dua rute layanan premium RoyalTrans. Kedua rute yakni rute 1K (Cibubur – Blok M) dan 6P (Cibubur – Kuningan) melalui aplikasi pre-order booking dengan tarif yang Rp20 ribu rupiah sekali jalan. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan pre-order booking hanya dapat dilakukan pelanggan melalui aplikasi Tijeku pada H-1 keberangkatan. 

"Kami juga memastikan kesediaan tempat duduk," ujarnya dalam rilis, Senin (13/7).

Selama pandemi, Transjakarta menerapkan protokol kesehatan secara konsisten di seluruh armada dan wilayah operasionalnya, serta membatasi jam operasional. Selain itu yang tidak kalah penting mengurangi kapasitas angkut hingga maksimum 50%.

"Tidak terkecuali dengan layanan RoyalTrans ini, dengan kapasitas maksimum yang kini hanya 15 pelanggan per bus," ungkapnya. 

Pihaknya juga harus memastikan ketersediaan tempat duduk bagi pelanggan sehingga tidak ada proses antrean naik dan turun bus termasuk tidak ada yang berdiri selama perjalanan bagi pelanggan RoyalTrans. 

"Pelanggan tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan selama berada di dalam bus, yaitu pengecekan suhu badan sebelum naik bus, mengunakan masker, tidak berbicara selama dalam perjalanan dan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah naik turun bus," ungkapnya.

Baca juga: Marak Pelanggaran di Masa Transisi, Tilang akan Diberlakukan Lagi

Dalam aplikasi Tijeku pelanggan dapat memilih jadwal keberangkatan dan kepulangan RoyalTrans yang tersedia.

Rute 1K dan 6P merupakan rute perdana RoyalTrans yang beroperasi setelah sebelumnya sempat dihentikan ketika Jakarta diberlakukan PSBB.

"Rute-rute Royaltrans lainya akan dibuka secara bertahap agar dapat memobilisasi masyakarat dari luar Jakarta menuju tengah kota untuk beraktivitas," imbuhnya. 

Sebelum beroperasi Transjakarta memastikan bus sudah siap melayani pelanggan mulai dari pengecekan teknis hingga pencucian armada bus dan interiornya menggunakan cairan disinfektan. 

Armada Royal juga telah dipasangi tanda jarak aman dan tersedia cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di untuk kenyamanan pelanggan. (A-2)

BERITA TERKAIT