13 July 2020, 18:33 WIB

Prabowo Urus Pangan, Inilah Pembelaan Presiden Jokowi


Andhika prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan ketahanan pangan nasional merupakan salah satu tupoksi yang dibawahi Kementerian Pertahanan. Hal ini menjawab kontroversi penunjukan Menhan untuk mengurusi lumbung pangan.

"Yang namanya pertahanan itu bukan hanya urusan alutsista, tetapi juga ketahanan di bidang pangan," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Senin (13/7).

Menurutnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun sudah sangat memahami perihal sektor pertanian. Ketua Umum Gerindra itu, lanjut Jokowi, sudah memiliki hitung-hitungan terkait berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membangun lumbung pangan atau food estate di Kapuas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Kendati menjadi tanggung jawab Kemenhan, Kementerian Pertanian juga akan turut membantu dalam proses pengembangan kawasan pangan tersebut.

"Jadi pak Menhan menjadi leading sektor di situ karena memang kita ingin membangun cadangan strategis pangan. Sehingga nanti kalau misalnya kekurangan beras ya tanam padi. Kalau kekurangan jagung ya tanam jagung. Kemarin sudah kita cek, jagung bisa, padi bisa. Cabai, tanam di situ," tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah pihak termasuk Anggota Fraksi PKS DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengaku heran mengapa Menhan yang ditunjuk menggarap proyek lumbung pangan nasional padahal tidak ada urgensi untuk menugaskan Kemenhan. Andi merasa tupoksi pengelolaan lumbung pangan seharusnya ada di Kementan. (OL-4)

BERITA TERKAIT