13 July 2020, 13:30 WIB

Patung John Lennon Akan Pulang Kampung ke Liverpool


Fathurrozak | Weekend

PATUNG pentolan The Beatles, John Lennon, direncanakan pulang ke kampung halamannya, di Merseyside, Inggris. Pematung Laura Lian, mengatakan dia ingin patung yang terbuat dari perunggu setinggi 1,8 meter itu ditampilkan ke publik pada 21 September, bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional.

Laura Lian mulai memahat patung Lennon dua tahun lalu. Sejak selesai pengerjaannya, patung itu menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam Hard Rock Cafe di London. Lian ingin agar patung tersebut dibawa tur keliling ke seluruh wilayah di Merseyside selama dua tahun ke depan. Saat ini, patung Lennon berada di Castle Foundry di Liverpool yang merupakan ibu kota Merseyside.

“Dengan semua masalah di dunia tentang patung ... pandemi dan perselisihan, itu benar bahwa Lennon dapat kembali ke tempat dia berada. Bagi generasi saya yang tumbuh di tengah protes menentang perang Vietnam dan ancaman perang nuklir, Lennon adalah inspirasi dalam caranya mengilhami kami untuk memimpikan perdamaian,” kata Lian dikutip dari The Guardian.

“Saya selalu berniat agar patung itu memiliki rumah permanen di Merseyside dan pada satu tahap, kelihatannya patung Lennon akan didirikan di daerah Strawberry Fields di Liverpool. Proyek itu gagal, tetapi ketika walikota metropolitan Merseyside, Steve Rotheram, menyarankan agar proyek itu beralih ke wilayah Sefton, saya pikir itu ide yang bagus. Setiap tahun selalu ada wilayah di Merseyside yang dicalonkan menjadi wilayah budaya, dan tahun ini giliran Sefton,” lanjut Lian, yang juga membuat patung untuk mantan kepala Formula One Bernie Ecclestone dan Bill Wyman, bassist The Rolling Stones.

Dia menambahkan, tahun ini juga menandai 80 tahun sejak Lennon lahir dan juga merupakan peringatan ke-40 pembunuhannya, “pantas bahwa patungnya pulang ke Liverpool,” pungkas Lian. (M-1)

BERITA TERKAIT