12 July 2020, 22:00 WIB

Optimalkan Potensi Esport, LPDUK dan IESPA Jalin Kerja Sama


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

DALAM rangka mengoptimalkan berbagai potensi pada cabang olahraga esport, Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kementerian Pemuda dan Olahraga menjalin kerja sama pengelolaan dana dan usaha keolahragaan dengan Indonesia Esport Association (IESPA). 

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).oleh Direktur LPDUK Agus Hardja Santana dan Ketua Umum Indonesia Esport Association (IESPA) Liem Che Chien di Kantor baru LPDUK di Jakarta. 

Kepala Divisi Pendanaan dan Usaha Keolahragaan LPDUK Agus Mauro mengatakan, potensi Esport sangat besar terutama dari sisi industri olahraga dan bisa tetap dijalankan dalam situasi pandemi. 

"Kita menjalin kerjasama dengan IESPA karena organisasi ini sudah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga esport bertaraf nasional dan internasional. IESPA juga menjadi panitia saat esport dipertandingkan sebagai cabor ekshibisi dalam Asian Games 2018,” jelas Agus dalam keterangan tertulisnya. 

Dalam MoU tersebut, lanjut Agus, LPDUK akan memfasilitasi IESPA dalam pengelolaan dana CSR untuk pembangunan fasilitas cabor, pengelolaan dana sponsor untuk event atau kegiatan yang pendanaannya mayoritas dan/atau telah di dibiayai oleh APBN dan/atau APBD, dan Keagenan maupun intelektual property yang berkaitan dengan kegiatan IESPA. 

Baca juga : Hujan Lebat, Sesi Latihan Ketiga GP Styria Dibatalkan

Kemudian bisa menjadi media dan/atau sponsorship agency untuk event yang dilaksanakan serta memfasilitasi kerjasama bisnis yang melibatkan IESPA, PT dan/ atau perseorangan yang telah direkomendasikan oleh IESPA.

Kedua belah pihak juga akan saling memberikan masukan, saran, melakukan pertemuan rutin dan konsultasi secara berkala guna membahas rencana pengelolaan dana dan usaha keolahragaan secara transparan dan akuntabel serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bentuk kerjasama yang lebih spesifik nantinya akan dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjsama (PKS).

Ketua Umum Indonesia Esport Association (IESPA) Liem Che Chien yang akrab disapa Eddy Lim mengungkapkan,bbanyak hal yang potensial dapat dikerjasamakan dengan LPDUK. 

"Selain pencarian sponsor event-event nasional maupun internasional, IESPA juga ada lahan di kosong yang bisa dibangun menjadi fasilitas tempat pelatihan atau stadion bagi cabor esport,” ujar Eddy. 

IESPA menambah deretan organisasi olahraga yang telah menandatangani MoU dengan LPDUK. Belum lama ini, MoU kerjasama pengelolaan dana dan usaha olahraga juga ditandangani LPDUK dengan Federasi Olahraga Petanque (FOPI), menyusul PB ISSI, PB Kurash, Persambi, PDBI (Drumband), PSSI, PP IMI, Perbasi dan lain-lain. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT