13 July 2020, 09:42 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah


Djoko Sardjono | Nusantara

JURU Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian (Gusgas PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo mengumumkan ada penambahan lagi dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten. Hingga saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif terpapar virus korona atau Covid-19 akumulatif 69 orang, 47 di antaranya sembuh, 18 dirawat di rumah sakit, dan 4 orang meninggal dunia.

"Pada Minggu 12 Juli ada penambahan lagi dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien baru itu laki-laki dan perempuan, yaitu H, 54, dan MNS, 58, keduanya berasal dari Kecamatan Cawas," kata Cahyono Widodo, Minggu (12/7).

Dijelaskan, pasien H diketahui bekerja sebagai wiraswasta yang sering mondar-mandir Klaten, Solo, dan Jakarta. Sehingga, ia dimungkinkan terpapar virus korona saat melakukan aktivitas di kota-kota tersebut. Sebelumnya, H pada 7 Juli menjalani rapid tes mandiri di RS Islam Cawas, karena akan berangkat ke Bali. Hasil rapid tes reaktif dan kemudian diambil spesimen swab di RSD Bagas Waras Klaten, dan hasilnya positif.

baca juga: Jumlah Pasien Sembuh di Kalsel Terus Bertambah

Sedangkan pasien MNS, seorang ibu rumah tangga yang suaminya pasien positif Covid-19. Saat ini suami MNS dirawat di Klaten. Namun, kasus suaminya itu tercatat di Jakarta, karena berdomisili di kota tersebut. Pasien MNS pun sebelumnya telah menjalani isolasi mandiri. Kemudian, diambil spesimen swab di Puskesmas Cawas 1. Hasil tes swab keluar pada 12 Juli diketahui hasilnya menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Saat ini, pasien H menjalani perawatan di RSD Bagas Waras, dan MNS di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Adapun kondisi kedua pasien positif virus korona asal Kecamatan Cawas itu baik dan stabil," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT