13 July 2020, 09:01 WIB

Antrean Penumpang di Sejumlah Stasiun Masih Panjang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTREAN penumpang di sejumlah stasiun, Senin (13/7) pagi, masih mengular seperti pada pekan-pekan sebelumnya. Antrean di Stasiun Bojong Gede disebut yang terparah pagi ini.

Seperti yang dicuit oleh akun Twitter @asriasri1 yang menyebut antrean Stasiun Bojong Gede di pukul 07.10 WIB sangat panjang.

"Aku pun lagi antre di bojong parah banget," ujarnya.

Antrean mengular yang terjadi di Stasiun Bojong Gede diduga karena dua stasiun yakni Cilebut dan Bogor hari ini melaksanakan uji coba sebagai stasiun khusus kartu multi trip (KMT) bersama Stasiun Cikarang. Tiga stasiun ini tidak lagi menerima transaksi kartu Tiket Harian Berjaminan (THB) dan hanya menerima KMT dan kartu uang elektronik.

"Iya pada pindah karena di Bogor dan Cilebut pakai KMT doang, hahaha," kata akun Twitter @ImadHasan95.

Pendapat itu juga diamini oleh pengguna KRL lainnya melalui Twitter.

"Kayanya iya deh men, soalnya di bojong rame banget kaya mau naik arum jeram sampe nguler melingker antrenya," kata akun @ayupurwati_

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan, KCI Operasikan 962 Perjalanan KRL Per Hari

Sementara itu, menurut PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), situasi Senin (13/7) pagi ini di sejumlah stasiun terpantau lancar. Di Stasiun Bogor misalnya, pagi ini para pengguna terlihat tertib saat memasuki area stasiun.

Sosialisasi pemberlakuan stasiun khusus KMT di Stasiun Bogor, Cilebut, dan Cikarang yang mulai berlaku hari Senin ini terlihat efektif lantaran para pengguna sudah mempersiapkan KMT, kartu elektronik bank maupun tiket dengan kode QR saat akan naik KRL.

"Penambahan dua perjalanan KRL relasi Bogor-Manggarai juga membantu mengurai kepadatan pengguna yang biasanya terjadi setiap awal pekan. Antrean yang biasanya terjadi hingga halaman parkir stasiun, hingga pukul 07.00 hari ini hanya terjadi hingga area selasar," kata VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba, Senin (13/7).

Antrean dapat lebih lancar meskipun hingga pukul 07.00 WIB tercatat 6.126 pengguna naik dari Stasiun Bogor atau meningkat 7% dibanding Senin 29 Juni yang berjumlah 5.787 untuk kurun waktu yang sama. Sementara secara total hingga pukul 07.00 WIB tercatat sudah 68.657 orang menggunakan KRL pada pagi hari ini.

Saat ini ada sekitar 400 ribuan pengguna KRL setiap harinya. Angka ini semakin meningkat seiring telah beroperasinya kegiatan perkantoran dan perniagaan di wilayah ibu kota.(OL-5)

BERITA TERKAIT