13 July 2020, 08:18 WIB

Rindam I/BB Pematangsiantar Temukan 78 Orang Reaktif Covid-19


Apul Iskandar | Nusantara

HASIL rapid test covid-19 hari pertama yang digelar oleh TNI Angkatan Darat di Makorindam I/BB Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara dengan melibatkan 1.327 orang terdiri dari prajurit dan peserta didik (serdik), ditemukan 78 orang reaktif. Mereka yang reaktif tes rapid covid-19 langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Putri Hijau Medan untuk dilakukan uji swab PCR. Total peserta yang mengikuti rapid test sebanyak 2.135 prajurit dan serdik. Sisanya 808 akan menjalani rapid test covid-19 pada hari kedua. 

Hasil rapid test diumumkan sendiri oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah usai menyaksikan rapid test untuk prajurit dan serdik di Makorindam I/BB Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara, Minggu (12/7).

Ia mengatakan rapid test covid-19 massal di lingkungan TNI AD merupakan salah satu bentuk kepedulian para pimpinan TNI AD kepada anggota dalam mendukung pemerintah mencegah penyebaran covid-19 di kalangan prajurit dan serdik.Ia berharap seluruh lembaga pendidikan (Lemdik) lainnya bisa melakukan hal yang sama sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat ditekan seminimal mungkin.

"Hal ini  sudah menjadi atensi pimpinan TNI AD dalam mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di jajaran organik dan siswa di Rindam I/BB agar tidak sampai menimpa anggota. Makanya kita melaksanakan rapid test ini  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Gugus Tugas Provinsi dan Gugus Tugas Kabupaten Simalungun", kata Mayjen Irwansyah.

baca juga: Pemprov Jabar Koordinasi Dengan TNI AD Tangani Klaster Secapa

Irwansyah berpesan agar uji rapid test massal ini dilakukan dengan hati-hati, teliti dan tidak terburu-buru. Ia juga mengingatkan agar para prajurit dan serdik lebih disiplin dengan mematuhi anjuran pemerintah menerapkan protokol kesehatan dengan  memakai masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan dengan sabun. Sebelumnya di Jawa Barat, ditemukan klaster baru Secapa AD di Bandung. Sebanyak 1.280 orang terinfeksi covid-19. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT