13 July 2020, 03:35 WIB

Mengobati Lapar dengan Jajanan Stasiun


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PENUMPANG KRL maupun masyarakat yang kerap beraktivitas di stasiun tentunya akrab dengan hiruk pikuk pedagang kaki lima (PKL). Kios-kios stasiun yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman bahkan telah menjadi tujuan kuliner sebagian orang.

Bagi yang ingin mengajak anak-anak atau sekadar berjalan-jalan seorang diri sembari menikmati suasana jalanan bisa mengambil tur dengan KRL dari Stasiun Bogor hingga Jakarta Kota atau Sudirman. Untuk tur ini maksimal harga tiket sekali jalan cuma sekitar Rp6 ribu.

Berbagai kuliner yang biasanya ditemui di stasiun-stasiun KRL yakni Roti Maryam. Dengan harga Rp8 ribu untuk rasa cokelat dan Rp9 ribu untuk rasa daging, roti ini cukup mengganjal rasa lapar sebelum sampai ke tempat tujuan.

Hal itulah yang dirasakan Chair, 50. Wanita paruh baya ini hampir selalu membeli roti ini untuk mengganjal lapar di pagi hari saat hendak berangkat berbelanja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, setiap akhir pekan. “Enak dan murah,” ujarnya, kemarin.

Berbeda dengan Masria, 27. Karyawan swasta itu jarang menaiki KRL, tapi tak pernah absen mencicipi mi kriting yang dijual di sekitar Stasiun Sudirman.

“Dulu setiap naik bus Trans-Jakarta langsung ke situ. Sekarang pesan lewat ojek,” ucapnya.

Kuliner di Stasiun Gambir juga tak kalah menarik. “Pernah jalan-jalan ke Monas dan bosan makanan lokal. Akhirnya diajak teman jalan ke Stasiun Gambir.

Makanannya macam-macam dan kekinian, seperti masakan Korea dan ada kedai kopinya juga. Bisa sekalian kongkow,” tukas Misna, 18, mahasiswa asal Depok, kemarin. (Putri Anisa Yuliani/J-2)

BERITA TERKAIT