13 July 2020, 00:40 WIB

Protokol Kesehatan Diabaikan, Positif Covid-19 Terus Bertambah


Dwi Apriani | Nusantara

MESKI sejumlah daerah sudah menuju kenomalan baru, kasus positif covid 19 di Sumatera Selatan (Sumsel) masih saja cukup tinggi. Bertambahnya kasus positif covid-19 dinilai karena protokol kesehatan mulai diabaikan dan masyarakat Sumsel sudah mulai tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Minggu (12/7), ada penambahan 49 kasus positif covid-19 di Sumsel sehingga total positif covid-19 mencapai 2.653 orang. "Jumlah kasus positif kita terus bertambah, artinya bukan hanya tracing yang masif dilakukan, namun masih banyak masyarakat yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan dan abai," kata Yusri, juru bicara penanganan covid-19 Sumsel, Minggu (12/7).

Jumlah positif yang terkonfirmasi ini lebih tinggi dibanding jumlah pasien sembuh di Sumsel yang tercatat ada penambahan sebanyak 34 orang sehingga totalnya mencapai 1.277 orang. Seiring dengan itu, juga tercatat ada tambahan jumlah kematian yakni 3 orang sehingga total pasien meninggal karena covid-19 mencapai 124 orang.

Yusri mengatakan, pendisiplinan protokol kesehatan harus lebih ditingkatkan karena tidak sulit menemukan kerumunan warga tanpa menjaga jarak. Termasuk di pasar, juga tidak sulit menemukan pedagang atau pembeli yang tidak menggunakan masker atau masker hanya menutup dagu.

"Penularan masih terus terjadi dan tidak akan putus mata rantainya jika masyarakat mengabaikan protokol kesehatan seperti ini," kata dia. (R-1)

 

BERITA TERKAIT