12 July 2020, 23:41 WIB

Capaian Kontras Mercedes-Ferrari di GP Styria


Antara | Olahraga

HASIL kontras didaoat dua tm papan atas balap Formula 1 di GP Styria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (12/7). Jika Mercedes mampu menempatkan dua pembalapnya di podium teratas,  dua pembalap Ferrari justru gagal finis setelah bertabarakan di lap-lap awal.

Pembalap utama Mercedes, Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dalam lomba. Pembalap Inggris itu membukukan waktu 1 jam 22 menit 50,683 detik. Sedangkan rekan setim Hamilton Valtteri Bottas berada di posisi dua setelah terpaut 13,719 detik. Posisi tiga dan empat ditempati dua pembalap Red Bull Honda  Max Verstappen dan Alexander Albon.

"Luar biasa bisa kembali di sini, tim melakuan tugas yang luar biasa dalam hal strategi. Aku sangat bersyukur bisa kembali di tempat pertama, terasa sangat lama setelah balapan terakhir tahun lalu," kata Hamilton.

Sedangkan dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc gagal menyelesaikan lomba setelah keduang saling bertabrakan di lap awal. Mobil kedua pembalap bertabrakan di tiiungan ketiga selepas garis start.

Kerusakan mobil akibat tabrakan itu membuat Vettel hanya membalap dalam dua lap sementara Leclerc lima lap. Rekaman ulang menunjukkan kedua Ferrari diapit sejumlah mobil rival. Leclerc yang berada di sisi dalam trek tak memiliki ruang untuk melaju dan terpaksa menubruk mobil Vettel.

"Aku sangat terkejut. Aku masuk dari dalam dan tidak menyangka Charles mencoba sesuatu. Aku membawanya santai tapi ramai di sekitar kami," kata Vettel.

Leclerc, runner-up seri pembuka di sirkuit yang sama, mengaku kecewa dan meminta maaf kepada Vettel dan tim setelah insiden tersebut. (R-1)

BERITA TERKAIT