12 July 2020, 15:45 WIB

Kota Bengkulu Gratiskan Rapid Test


Marliansyah | Nusantara

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu menggratiskankan rapid test bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan keluar Provinsi Bengkulu. Syaratnya, tes dilakukan di kantor Dinkes.

Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawaty di Bengkulu, mengatakan Dinkes Kota Bengkulu, telah mengeluarkan Suket sehat sebanyak 100 lembar, tidak dipungut biaya atau gratis bagi masyarakat yang sudah melakukan rapid test dan dinyatakan tidak reaktif yang ingin keluar 
Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran, Guru dan Siswa di Babel Jalani Rapid Test

"Surat keterangan sehat bagi masyarakat ingin bepergian atau keluar Provinsi Bengkulu, dari Dinkes Kota Bengkulu, gratis tanpa biaya," 
jelas Susilawaty ketika dihubungi di Bengkulu, Minggu (12/7).

Jika rapid test menunjukkan hasil reaktif maka Dinkes memastikan tidak akan mengeluarkan surat keterangan sehat tersebut. Selanjutnya, untuk masyarakat tersebut tidak diperkenankan berangkat dan akan ditindaklanjuti dengan dirawat untuk dilakukan uji Swab.

Masyarakat yang akan membuat Suket, lanjut dia, jika tidak melakukan rapid test di Dinkes maka harus menunjukkan hasil rapid test dan bukti surat dari tempat bersangkutan melakukan tes tersebut, seperti di rumah sakit atau di laboratorium kesehatan. (H-3)

BERITA TERKAIT