12 July 2020, 04:15 WIB

Misi Sulit Pertahankan Dominasi


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

DERBI London Utara antara Tottenham Hotspur kontra Arsenal pada lanjutan Liga Primer Inggris akan berlangsung malam ini. Namun, diprediksi duel kedua tim yang sedang terlempar dari perebutan empat besar atau Liga Champions musim depan itu, tak akan lagi gereget seperti biasanya karena tidak disaksikan langsung oleh penggemar masing-masing.

Meski demikian, manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho tetap ingin fokus menjadikan timnya sebagai yang terbaik di London Utara.

Apalagi, Lilywhites, julukan Tottenham, sejak 2016 selalu unggul dari Arsenal yang sudah tidak lagi dipimpin oleh Arsene Wenger. *Sebelumnya, justru Tottenham yang selama 22 tahun sejak 1995 selalu menjadi bulan-bulanan. Fan Arsenal bahkan membuat perayaan St Totteringham Day saat Tottenham harus gigit jari dengan fi nis di bawah tim ke sayangan mereka.

Sayangnya, cita-cita Mourinho kemungkinan besar sulit tercapai.

Pasalnya, tensi panas terjadi antara dirinya dan anak asuhnya. Pelatih asal Portugal itu mengatakan para pemain kurang militan ketika kalah 1-3 dari Sheffield United pada Jumat (3/7). Selain itu, ada pertikaian antara Hugo Lloris dan Son Heun-min saat menang 1-0 atas Everton, Selasa (7/7). Tottenham juga tidak dalam performa terbaiknya karena baru menang enam kali dalam 17 pertandingan liga terakhir mereka.

Melihat krisis di internal Tottenham dan pencapaian mereka musim ini harusnya bisa menjadi keuntungan bagi Arsenal pada laga nanti malam. Apalagi, pelatih Arsenal Mikel Arteta dalam mood bagus dan memiliki visi cemerlang.

Pria yang pernah menjadi pemain Arsenal itu bahkan membawa semangat baru dengan memberikan kesempatan kepada pemain muda, seperti Bukayo Saka yang saat ini masih ber usia 18 tahun.

Selain itu, dengan skema 4-3-3 racikan Arteta, Arsenal mulai menemukan irama saat mampu mengalahkan tim di atasnya, Wolves, Sabtu (4/7) dengan skor 2-0.


Kembali dikritik

Real Madrid kembali melanjutkan performa gemilang di La Liga setelah membekap Deportivo Alaves dengan skor meyakinkan 2-0, dini hari kemarin WIB. Dua gol kemenangan Los Blancos, julukan Madrid, dicetak melalui penalti Karim Benzema dan sontekan Marco Asensio.

Itu merupakan kemenangan ke-8 secara beruntun bagi pasukan Zinedine Zidane. Madrid pun kian nyaman dengan keunggulan 4 angka dari Barcelona di papan klasemen dan hanya butuh 5 poin dari 3 laga terakhir untuk merengkuh gelar juara musim ini.

Namun, kemenangan Madrid kembali diwarnai sejumlah kontroversi. Keputusan wasit dinilai kerap membantu kemenangan tim ibu kota. Saat menanggapi itu, Zidane mengatakan keputusan wasit di tengah lapangan adalah final. Ia mengaku enggan menanggapi kritikan kepada wasit karena menurutnya wasit telah membuat keputusan yang tepat.

Sementara itu di Jerman, telah diputuskan Bundesliga musim 2020/2021 akan dimulai pada 18 September. Pekan terakhir liga dijadwalkan pada 22 hingga 23 Mei dan musim kompetisi domestik akan berakhir pada 31 Mei setelah adanya tim yang promosi dan degradasi melalui babak play-off. (AFP/Marca/R-3)

BERITA TERKAIT