11 July 2020, 18:22 WIB

Timnas U-16 Agendakan Uji Coba Lawan Korea dan Yordania


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PELATIH timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengatakan pihaknya mengagendakan sejumlah uji coba internasional jelang tampil di Piala Asia U-16 Bahrain pada 25 November hingga 12 Desember.

Timnas U-16 harus bersiap karena tergabung dalam grup D bersama juara bertahan Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Bima mengatakan pihaknya menginginkan uji coba melawan Korea Selatan, Korea Utara, Uni Emirat Arab, dan Yordania pada Oktober atau awal November mendatang. Ketiga negara itu dinilai memiliki kemiripan gaya bermain dengan pesaing timnas di grup D.

"Kemungkinan besar ke luar itu akhir Oktober atau di awal November. Setelah uji coba mungkin langsung berangkat ke Bahrain. Calon lawannya Korea Selatan, Korea Utara, lalu Yordania," ungkap Bima, ketika konferensi pers virtual, Sabtu (11/7).

Sejauh ini, kata Bima, ia telah berkomunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Yordania atau JFA untuk menggelar uji coba tersebut. Namun, kapan uji coba tersebut belum bisa dipastikan karena masih terhalang pandemi covid-19 di Indonesia.

"Yordan mau diundang ke Indonesia. Dirtek JFA sudah berhubungan dengan saya via whatsapp, apa sudah bisa main di Jakarta, tapi saya bilang masih dalam proses, semoga beberapa bulan ke depan sudah kondusif. Kita harap ini terealisasi dan menjadi gambaran saat melawan Arab Saudi," ujar Bima.

Lebih lanjut, Bima mengatakan September merupakan waktu yang ideal menggelar uji coba internasional. Sehingga, ia masih bisa membenahi sejumlah kekurangan anak asuhnya. Namun, melihat situasi covid-19 yang belum mereda akhirnya keinginan itu urung dilakukan.

"Awalnya Agustus atau September uji coba tapi agak sulit mau keluar atau mendatangkan timnas luar ke Indonesia. Saya sudah komunikasi ke Indra (Dirtek PSSI), kemungkinan besar ke luar itu akhir Oktober atau di awal November," kata Bima. (OL-4)

BERITA TERKAIT