11 July 2020, 12:13 WIB

Pipa Gas MBGI yang Bocor Selesai Diperbaiki


Heri Susetyo | Nusantara

MINARAK Brantas Gas Inc (MBGI) segera memperbaiki pipa gas di dekat lahan pengeboran sumur TGA 5 Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo yang bocor pada Jumat (10/7).

Pipa gas milik MBGI tersebut bocor di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin pada Jumat (10/7) siang. Namun, kebocoran itu sudah selesai diperbaiki pada sore harinya.

Setelah selesai diperbaiki, kondisi pipa gas normal kembali. Karenanya, warga di sekitar yang sebelumnya sempat resah, kali ini tidak was-was lagi.

Baca juga: Pemprov Sumsel Kembali Gandeng Mahasiswa Tangani Karhutla

"Setelah petugas datang, pipa tidak terlihat bocor, alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Apalagi petugas segera melakukan penanganan," kata Said, 70, salah satu warga desa setempat, Sabtu (11/7).

Pihak MBGI membantah terjadi ledakan keras dalam peristiwa tersebut. Sebab, faktanya tidak ada ledakan sama sekali dalam kebocoran pipa gas tersebut.

Menurut Public Relation Manager MBGI Arief Setyo Widodo, Jumat (10/7), pukul 14.00 WIB, pihaknya menerima telepon dari salah satu operator. Kemudian operator produksi mengecek flowrate di GFC Control Room dan diketahui rate mengalami penurunan.

Lalu pada pukul 14.15 WIB, chief production memerintahkan operator ke lokasi kebocoran untuk memastikan area kebocoran benar berasal dari TGA 5. Hal itu pun dikoordinasikan dengan supervisor production.

Selanjutnya, pukul 14:20 WIB, operator melaporkan benar kebocoran berasal dari TGA 5 ke chief production dan kemudian memerintahkan operator plant untuk mematikan sumur TGA 5 dengan menutup wing valve.

Chief production meneruskan laporan ke supervisor. Kemudian dilakukan penyesuaian gas rate dan menghubungi pelanggan. Chief dan supervisor produksi melakukan komunikasi dengan buyer untuk penyesuaian distribusi gas.

Jumat (10/7) sore pukul 14.50 WIB MBGI melakukan penanganan crude yang ada di sungai. Chief dan supervisor meminta operator melakukan pembersihan crude atau minyak yang keluar dari kebocoran pipa di sungai.

"Minarak Brantas Gas dengan sigap mengatasi kebocoran pipa gas ini, dan kebocoran gas sudah dapat diatasi dengan baik sejak Jumat (10/7) sore," kata Arief, Sabtu (11/7).

Arief menambahkan, pihaknya akan terus memastikan keamanan di setiap lokasi sumur migas yang dimiliki Minarak Brantas Gas. Sehingga warga tidak perlu khawatir dengan operasional pengeboran gas di Kecamatan Tanggulangin. (OL-1)

BERITA TERKAIT