11 July 2020, 11:43 WIB

Ini 11 Aplikasi yang Harus Dihapus Pengguna Android


Abdillah Marzuqi | Weekend

PARA ahli memperingatkan adanya 11 aplikasi yang bisa menginfeksi ponsel pintar berbasis android dengan malware berbahaya. Malware (malicious software/perangkat lunak berbahaya) adalah perangkat lunak yang dirancang  untuk membahayakan, menyusup, atau merusak sebuah perangkat.

Sebagaimana diketahui, ponsel pintar berbasis android bisa disebut sebagai perangkat yang paling popular digunakan di seluruh dunia.

Para peneliti dari Check Point menyebut beberapa aplikasi termasuk aplikasi wallpaper, alarm, permainan, pemulihan file, dan beberapa aplikasi lain. Aplikasi itu berisi jenis malware yang dijuluki Joker.

"Joker adalah salah satu jenis malware paling menonjol untuk android yang masuk dalam pasar aplikasi resmi Google dengan perubahan kecil pada kodenya, yang memungkinkannya untuk melewati pemeriksaan keamanan dan penghalang Play Store," jelas peneliti Check Point dalam sebuah blog seperti dilansir mirror.co.uk.

"Namun, kali ini, ada aktor jahat di belakang Joker yang mengadopsi teknik lama ancaman PC konvensional dan menggunakannya di dunia aplikasi seluler untuk menghindari deteksi oleh Google," tambah mereka.

Menurut para peneliti, Joker bersembunyi di aplikasi yang tampaknya sah dan menginstal malware tambahan ke perangkat pengguna. Setelah terinstal, malware kemudian berlangganan pengguna ke layanan premium tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna.

Untungnya, saat ini, semua aplikasi sekarang telah dihapus dari Google Play Store. Namun, jika pengguna masih khawatir kalau-kalau masih ada aplikasi berbahaya pada ponsel android, Check Point menyarankan hal berikut:

- Hapus instalasi aplikasi yang terinfeksi dari perangkat

- Periksa tagihan ponsel dan kartu kredit untuk mengetahui adanya langganan premium

- Instal layanan keamanan untuk mencegah infeksi. (M-4)

 

Berikut 11 aplikasi berbahaya:

- com.imagecompress.android

- com.contact.withme.texts

- com.hmvoice.friendsms

- com.relax.relaxation.androidsms

- com.cheery.message.sendsms

- com.cheery.message.sendsms

- com.peason.lovinglovemessage

- com.file.recovefiles

- com.LPlocker.lockapps

- com.remindme.alram

- com.training.memorygame

BERITA TERKAIT