10 July 2020, 23:18 WIB

Asosiasi Jurnalis Minta Konpers Kasad tidak Digelar di Secapa


Mediaindonesia.com | Humaniora

IKATAN Jurnalis Televisi Indoensia Pengurus Daerah Jawa Barat dan Aliansi Jurnalis Independen Kota Bandung melayangkan surat terbuka kepada Kepala Penerapan Kodam III/Siliwangi Kolonel FX Sri Wellyanto Kasih . Surat yang diterbitkan Jumat (10/7) itu meminta konferensi pers soal klaster baru Covid-19 di Jabar pada Sabtu (11/7) tidak digelar di Sekolah Calon Perwirra (Secapa) TNI AD di Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat.

Alasannya, Secapa merupakan zona merah penularan Covid-19 di Jawa Barat, sehingga konferensi pers dengan mendatangkan jurnalis ke lokasi tersebut menimbulkan kerentanan penularan virus Covid-19.

"Untuk itu kami meminta agar kegiatan konferensi pers tersebut dipindahkan  ke tempat yang lebih aman,"tulis AJI Bandung dan IJTI Jabar dalam surat terbukanya.

Sebelumnya, pernyataan akan digelarnya konferensi pers bersama Kepala Staf TNI AD di Secapa TNI AD terlontar saat konferensi pers bersama di Gedung Sate, Bandung, Jumat (10/7)

Baca juga : Akui Kecolongan Klaster Baru Covid-19, Emil Berlakukan PSBM

Di sisi lain, AJI Bandung dan IJTI Jabar juga meminta Kodam III/Siliwangi memastikan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan yang melibatkan jurnalis. Seperti memastikan seluruh pesera menggunakan masker dan jaga jarak, termasuk antara jurnalis dengan narasumber.

"Kami meminta  Kodam lll Siliwangi memfasilitas kebutuhan gambar virtual ataupun tv pool kegiatan konfrensi Pers untuk kepentingan informasi seluas-luasnya terhadap jurnalis tv, tanpa harus menggelar secara tatap muka demi keamanan bersama," tulisnya lagi.

Biila konferensi Pers tetap digelar di Secapa, AJI Bandung dan IJTI Jabar menegaskan, Kodam lll/Siliwangi dan Perusahaan Media ikut bertanggung jawab memfasilitasi karantina/isolasi mandiri dan swab/pcr test selama 14 hari kerja terhadap jurnalis yang ditugaskan meliput Konfrensi Pers Kepala Staf  TNI AD di Secapa TNI AD yang menjadi zona merah penyebaran Covid-19. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT