10 July 2020, 20:43 WIB

Lamborghini Luncurkan Sian Coupe dan Roadster


Nurtjahyadi | Otomotif

Setelah pertama kali diluncurkan dalam bentuk mobil konsep di ajang Frankfurt Auto Show 2019 lalu akhirnya supercar hybrid Lamborghini Sian resmi diperkenalkan dalam format coupe dan roadster. Supercar ini sudah dipastikan bakal menjadi mobil incaran kolektor karena hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Bagaimana tidak. Lamborghini hanya akan memproduksi sebanyak 63 unit untuk varian coupe, terlebih untuk varian roadster-nya yang hanya diproduksi sebanyak 19 unit. Tidak mengherankan jika dikabarkan unitnya sudah habis terpesan sebelum kendaraan ini resmi diluncurkan.

Di antara keduanya Sian Roadster dibekali mesin yang lebih powerfull dibandingkan Sian Coupe dan tercatat sebagai salah satu model paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh pabrikan mobil asal Italia tersebut. 

Sumber tenaganya berasal dari mesin V12 normally-aspirated (tanpa turbo/supercharger) berkapasitas 6.5 liter bertenaga 765 hp yang dikembangkan dari basis mesin Aventador SVJ. Mesin ini kemudian dikombinasi motor listrik 48 volt yang menyumbang 34 hp sehingga output maksimumnya mampu menyundul angka 819 hp. 

Agar pasokan listrik sebagai pemasok daya untuk motor listriknya tersedia dan kembali terisi dengan cepat disematkan sebuah supercapacitor. Sistem hybrid ini pastinya bukan untuk mengejar ekonomi melainkan performa. Untuk melesat dari statis ke 100 km/jam hanya butuh waktu 2,9 detik dengan kecepatan maksimal hingga 350 km/jam.

Sian Roadster bukan merupakan model convertible, melainkan mobil roadster tanpa atap. Jadi siap-siap bawa payung kalau mau keluar saat langit mendung. Meskipun tanpa atap penumpang tetap aman saat kendaraan terguling berkat adanya rollover protection di belakang sandaran pengemudi dan penumpang. (S-4)

BERITA TERKAIT