10 July 2020, 13:05 WIB

Pandemi, Hari Jadi Purwakarta Diisi Doa Bersama


Reza Sunarya | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Purwakarta Jawa Barat memastikan tidak akan menggelar rangkaian kegiatan menjelang peringatan Hari Jadi Purwakarta dan Kabupaten Purwakarta. Alasan peniadaan kegiatan tersebut karena pandemi covid-19. Untuk peringatan hari jadi Purwakarta yang ke-189 dan Kabupaten Purwakarta ke-52 yang akan diperingati pada 20 Juli mendatang, dipastikan suasananya akan berbeda dibanding peringatan tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan wabah Covid-19 masih merancah dunia. Dengan begitu, jelas sangat tidak elok jika jajarannya masih menggelar kegiatan yang bisa mengundang banyak massa di situasi seperti ini.

"Jadi untuk tahun ini tidak ada rangkaian hari jadi. Paling hanya menggelar doa bersama secara serentak di seluruh desa dan kecamatan. Kalau di tingkat kabupaten, doa bersama ini dipusatkan di Masjid Agung. Selepas itu, kita akan menggelar sidang Paripurna di DPRD Purwakarta," Kata Anne Ratna Mustika Jumat (10/7).

Menurutnya, esensi dari Hari Jadi harus lebih ke mengingat dan mengenang jasa-jasa perjuangan para pemimpin daerah terdahulu. Bagaimana, supaya hasil jerih payah para pemimpin tersebut dalam membangun Purwakarta bisa terus dikenang. Karena, tanpa perjuangan mereka, mustahil Purwakarta bisa menjadi daerah yang cukup dipertaruhkan, baik di kancah nasional maupun global.

"Bagi para kepala daerah seperti saya sekarang, esensi Hari Jadi itu lebih kepada pengingatan diri. Apa yang sudah saya lakukan untuk Purwakarta," Ungkap Anne.

baca juga: Sekolah di Palembang Undur KBM Hingga Akhir September 

Anne menjelaskan, sudah dua tahun berjalan dirinya memimpin kabupaten kecil kedua di Jawa Barat. 

"Ada beberapa program prioritas yang digulirkannya. Terutama yang menyangkut sektor pendidikan, peningkatan ekonomi masyarakat diberbagai sektor, kesehatan dan infrastruktur layak bagi masyarakat," pungkasnya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT