10 July 2020, 12:02 WIB

NasDem Desak Bupati Jepara Segera Gerak Cepat Tangani Covid-19


Akhmad Safuan | Nusantara

DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem dan Fraksi Nasdem DPRD Jepara minta Bupati Jepara Dian Kristiandi tidak hanya berwacana tetapi bergerak cepat lakukan penanganan covid-19 di daerah ini yang kian tidak terkendali.

Hingga saat ini tercatat 568 kasus covid-19, dengan rincian 453 orang masih dirawat di rumah sakit. Dari total jumlah positif covid-19, 429 orang berasal dari Jepara, 24 orang dari luar Jepara dan baru 75 orang yang sembuh ditambah 40 orang meninggal dunia. 

Pengurus Partai NasDem dan Fraksi NasDem DPRD Jepara langsung menemui Bupati Jepara, Dian Kristiandi selaku Ketua Gugus Tuhas Percepatan Penanganan Covid-19 Jepara untk mendesak penanganan cepat covid-19 karena kondisi sudah mengkhawatirkan.

"Angka covid-19 di Jepara semakin membesar dan cukup serius, sehingga kita mendesak agar Bupati Jepara segera mengambil langkah penanganan cepat," kata Ketua DPD Partai NasDem Pratikno, Kamis (9/10).

Kedatangan ke kantor bupati ini, demikian Pratikno, yakni untuk mempertanyakan penanganan covid-19 di Jepara karena banyak warga mempertanyakan termasuk komplain terkait penanganan covid-19.

"Bupati selaku Ketua GTPP Covid-19 Jepara jangan hanya berwacana, tapi harus bergerak cepat," imbuhnya.

Masalah covid-19 ini, lanjut Pratikno, jika ini tidak ditangani secara cepat, sungguh-sungguh dan terpadu, maka bukan saja orang-orang yang terpapar covid-19 dan keluarganya yang menderita, tetapi masyarakat luas juga akan semakin kesulitan. Sebab dampak covid-19 sangat besar terutama di sektor ekonomi. 

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Jepara Hadi Petenak menambahkan berdasarkan pengamatan dan juga hasil komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, Partai NasDem melihat ada kelemahan dari sisi pengorganisasian gugus tugas hingga tidak cepat melangkah. Padahal pembentukan gugus tugas dalam suasana darurat ini dimaksudkan agar dapat mengambil keputusa tindakan secara cepat, terpadu dan terarah.

baca juga: Pemprov Jabar Koordinasi Dengan TNI AD Tangani Klaster Secapa

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Jepara sekaligus Sekretaris DPD Partai NasDem Jepara Nur Hidayat menilai kurang padunya langkah gugus tugas karena memang tidak memiliki program dan peta jalan yang harus dilalui dan dijadikan acuan dalam penanganan covid 19 di Jepara.

"Kami sudah berkomunikasi dengan sejumlah OPD dan juga anggota gugus tugas. Umumnya mereka tidak mengerti apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini, kaat Nur Hidayat. (OL-3)

BERITA TERKAIT