09 July 2020, 19:50 WIB

Pemkot Payakumbuh Izinkan Warga Gelar Resepsi Pernikahan


Yose Hendra | Nusantara

Angin segar bagi yang ingin menggelar hajatan atau resepsi pernikahan di Kota Payakumbuh. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh mengizinkan digelarnya resepsi pernikahan di masa kenormalan baru pandemi covid-19.

Kemarin, sebut Sekretaris Daerah Rida Ananda, Pemkot Payakumbuh telah melakukan rapat bersama Polres Payakumbuh membahas tentang STR Kapolda Sumbar nomor 260 dan 245 tentang Jukrah (Petunjuk dan Arahan) pelaksanaan izin keramaian.

Rida Ananda mengatakan izin keramaian ini diberikan dengan syarat mengikuti cara pengurusan izin secara berjenjang dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Bagi warga yang akan melakukan acara resepsi pernikahan harus mengurus izin mulai dari RT, Lurah dan Dinas Kesehatan di mana nanti di sana akan dijelaskan tata cara dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Setelah itu, finalnya meminta izin keramaian ke Polsek Payakumbuh," ujar Rida, Kamis (9/7).

Baca juga: Plang Nama Gang di Tasikmalaya Terpapar Covid

Lebih lanjut Rida menegaskan bagi siapa pun penyelenggara acara resepsi pernikahan yang tidak mengindahkan protokol kesehatan akan ditindak tegas oleh aparat keamanan dalam hal ini polisi dan Satpol PP. Mereka bisa membubarkan acara saat itu juga.

Rida berharap setelah dikeluarkannya izin keramaian, masyarakat harus menjaga dan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Jangan sampai setelah diberikannya izin keramaian mengadakan resepsi pernikahan ini berdampak kepada penyebaran covid-19," tambahnya.

Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh Budhy D Permana mengatakan rekomendasi pelaksanaan izin keramaian yang dikeluarkan oleh Kesbangpol hanya izin keramaian yang bersifat acara kota dan acara yang memiliki unsur politik.

"Kami di kesbangpol mengeluarkan rekomendasi izin keramaian yang bersifat acara kota dan acara yang memiliki unsur politik. Selain dari itu, yang berwenang mengeluarkan izin harus dimulai dari izin RT, lurah, dinas kesehatan, dan terakhir izin dari pihak kepolisian," tandasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT