09 July 2020, 17:36 WIB

ASN Ikut Awasi Protokol Kesehatan, Pasar Jaya: Lebih Efektif


Sri Utami | Megapolitan

PERUMDA Pasar Jaya menilai pengawasan yang dilakukan aparatur sipil negara (ASN) di pasar tergolong efektif. Khususnya, dalam membantu penerapan protokol kesehatan terhadap pedagang dan pengunjung.

"Sejauh ini sangat efektif dan membantu kami dalam menjalankan protokol kesehatan di pasar," ujar Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, Kamis (9/7). 

Lebih lanjut, Arief berharap pengunjung dan pedagang pasar tetap displin dan menaati protokol pencegahan covid-19. "Harapan kami kesadaran masyarakat terus menguat menjadi kesadaran bersama," imbuh Arief.

Baca juga: Ini Tugas ASN DKI Selama Pantau Pasar

Ketua Bidang Infokom IKAPPI, Reynaldi Sarijowan, mengganggap penempatan  ASN, Polri dan TNI efektif untuk mengingatkan masyarakat agar menaati protokol kesehatan. 

"Pendekatan ASN dapat meningkatkan kedisiplinan pedagang dan masyarakat. Terpenting, memberikan edukasi terhadap bahaya covid -19 dan protokol kesehatan," tutur Reynadli.

Kendati demikian, dia menilai perlunya evaluasi terhadap peran TNI dan Polri berseragam, yang cenderung membuat masyarakat takut. 

Baca juga: Pasar Banyak Ditutup, Asosiasi: Pedagang Kesulitan

"Beberapa laporan yang kami terima, yaitu penjemputan paksa pedagang untuk rapid test dan swab test. Sesungguhnya pedagang sendiri bersedia untuk melakukan tes tanpa ada paksaan. Tetapi, pelaksanaannya saat pedagang sedang senggang, serta pemberitahuan tidak mendadak," pungkasnya. 

Pedagang buah di Pasar Kebayoran Baru, Suratman, berpendapat kehadiran ASN dapat mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Walaupun masih banyak pedagang dan pengunjung yang mengabaikan imbauan.

“Penting banget sebenarnya buat kami yang berdagang begini, karena lebih sering bandelnya daripada nurut," ucapnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT