09 July 2020, 17:34 WIB

Ganjar Soal PPDB : Jalur Prestasi Utama, Baru Zonasi


Insi Nantika Jelita | Humaniora

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan soal seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020 dengan jalur prestasi diutamakan ketimbang dengan jalur zonasi.

"Rasa-rasanya presentase mesti diperbaiki, mana zonasi mana prestasi. Atau barangkali zonasi menjadi rangking kedua yang rangking pertama ya prestasi," kata Ganjar dalam audio yang diunggah akun @PDI_Perjuangan, Jakarta, Kamis (9/7).

Ia menyebut sistem PPDB saat ini betul betul dipahami oleh masyarakat. Ganjar mengaku pihaknya menemukan atau menerima laporan dari masyarakat soal jalur zonasi yang bermasalah.

"Bahwa Ada kekurangan iya. Bahkan, beberapa hari kemarin kita temukan 'Wah kok ditempat ini jauh semua , tidak Ada sekolahnya'. Ohiya yang salah negara lah, maka langsung kita programkan jarak jauh," jelas Ganjar.

Ia mengatakan dengan jalur zonasi, harus dilihat persebaran warga dimasing-masing daerah. Jika dilaporkan ada masalah, harus ada evaluasi.

"Kalau mau tetap zonasi, maka sepertinya kita harus membuat persebaran sekolahan yang lebih merepresentasikan kewilayahana, aksesnya semua menjadi dekat" kata Ganjar.

Ia menambahkan, "Jangan sampai sistem Ini menurunkan semangat, makanya kita evaluasi betul-betul untuk diberikan (ke masyarakat)," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT