09 July 2020, 06:50 WIB

Tidak Surut Mengawal Pertanian


(YH/BB/DW/N-2) | Nusantara

PANEN menjadi hiburan tersendiri bagi Irwan Prayitno di tengah deraan pandemi. Ke marin, Gubernur Sumatra Barat itu sengaja menghadiri panen raya bersama Kapolda Irjen Toni Harmanto di Desa Mi nangkabau, Kecamatan Su ngayang, Kabupaten Tanah Datar.

Meski panen dengan menggunakan mesin pertanian itu hanya dilakukan di lahas seluas 5 hektare, Irwan tetap berseri. "Saya bangga, meski dikepung pandemi, produksi padi tetap berjalan baik di Sumatra Barat," tuturnya. Ia mengaku lahan pertanian membuatnya senang. "Kemarin, bersama Pak Kapolda, kami melihat panen buahbuahan dan sayur-sayuran. Hari ini, panen padi. Besok ber lanjut panen ikan," tandasnya.

Bagi Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Marwan Hamami, pertanian belum tergantikan. Karena itu, pertanian akan te tap menjadi prioritas pembangunan. "Berbagai upaya terus kami kembangkan dengan melibatkan pihak lain," ujarnya.

Kabupaten Sukabumi memiliki rencana usaha strategis di bidang agrobisnis. Satu di antaranya terobosan dan inovasi membangun kolaborasi petani dan pesantren dalam pemasaran produk. "Kami menyambut baik adanya perusahaan swasta yang akan membantu kelancaran produksi pertanian di Kabupaten Sukabumi," ujar nya saat menerima kedatangan direksi Lembaga Seni Kolaborasi Indonesia bersama PT Margahayu Syariah Development & Investment.

Komitmen mendukung bergairahnya sektor pertanian juga dimiliki PT Pusri Palembang. Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia itu mengaku telah menyiapkan dan memastikan terpenuhinya kebutuhan pupuk bersubsidi atau bagi petani hingga 3 bulan ke depan. "Kami sudah menyiapkan stok," kata Dirut PT Pusri Mulyono Prawiro.

Perusahaan ini memproduksi dan menyalurkan pupuk di Sumatra bagian selatan, sebagian Jawa Tengah, dan sebagian Kalimantan. (YH/BB/DW/N-2)

BERITA TERKAIT