08 July 2020, 18:42 WIB

Disperindag Karawang Anggarkan Rp15 M untuk IKM Boneka


Cikwan Suwandi | Nusantara

DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang menganggarkan Rp15 miliar untuk memulihkan industri kecil menengah (IKM) usaha boneka. Khususnya dalam membantu pengembangan usaha di Kampung Boneka, di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kota Baru.

Kepala Disperindag Karawang Ahmad Suroto menjelaskan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar dapat menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membiayai program tersebut. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp15 miliar.

Rencananya, Anggaran itu kelak dapat dipergunakan untuk membantu para pelaku usaha mengembangkan tempat usahanya, pengadaan alat produksi, hingga pelatihan pembuatan boneka secara moderen.

"Uang itu bisa digunakan untuk membuat workshop atau tempat pembuatan boneka, dan kami membutuhkan sekitar 5.000 meter. Selain itu nanti akan dibelanjakan alat produksi yang moderen. Pemotong pola atau mesin jahitnya, nanti menggunakan mesin yang moderen," tutur Suroto.

Sementara itu untuk jenis IKM lain, saat ini pihaknya tengah melakukan lobi kepada sejumlah mini market, super market untuk membuat etalase khusus produk-produk asli Karawang.

"Kami tengah menyusun aturannya dan melobi sejumlah pasar swalayan untuk membuat etalase khusus produk IKM di Karawang," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Kecamatan Sawangan Depok Paling Rawan Terpapar Virus Korona

BERITA TERKAIT