08 July 2020, 15:15 WIB

ASABRI Cabang Aceh Memberikan Bantuan Modal dan Pelatihan UMKM


mediaindonesia.com | Ekonomi

DALAM kondisi dan situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, telah menimbulkan dampak sosial dan ekonomi di masyarakat yang sangat luas. Hal tersebut ditandai dengan adanya penurunan daya beli masyarakat dan daya jual dari berbagai sektor usaha, khususnya untuk kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Karena itu, peran serta partisipasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat diperlukan untuk memberdayakan dan mengembalikan kondisi sosial ekonomi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Keterlibatan BUMN sebagai upaya dalam membantu dan meningkatkan kegiatan usaha serta pertumbuhan ekonomi kerakyatan agar terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja, dan pemberdayaan masyarakat,.

Menyikapi hal tersebut di atas, PT ASABRI (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk berperan serta di dalam meningkatkan perekonomian kerakyatan dalam bentuk memberikan bantuan pinjaman kepada UMKM melalui Program Kemitraan.

Mengingat stakeholder PT ASABRI (Persero) tersebar diseluruh wilayah Indonesia, maka penyaluran Dana Program Kemitraan didistribusikan keseluruh wilayah melalui kantor cabang agar pemberian pinjaman dana Program Kemitraan dapat terlaksana secara efektif, efisien dan merata di seluruh wilayah Nusantara.

Salah satu diantaranya  adalah Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Banda Aceh yang pada periode pertengahan tahun 2020 ini telah menyalurkan pinjaman dana modal usaha kepada empat orang Mitra Binaan usaha mikro dengan berbagai jenis usaha yang meliputi usaha makanan, bengkel las, studio foto dan kedai kopi.

Dana yang disalurkan oleh Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Banda Aceh pada periode ini untuk empat orang Mitra Binaan di Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar sebesar Rp 155 juta. Dana diserahkan langsung oleh Ngateno SAP, M.MHan, selaku Kepala Cabang PT ASABRI (Persero) Banda Aceh. 

Sebelum penyerahan dana bantuan modal usaha, kepada Mitra Binaan terlebih dahulu dibekali dengan pendidikan dan pelatihan  berupa pembekalan pengetahuan tentang kewirausahaan yang meliputi pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, pemasaran, membangun dan mengembangkan jaringan usaha.

Selain itu, Mitra Binaan juga mendapat pembekalan pengetahuan untuk menjaga serta meningkatkan kualitas produk usaha yang disampaikan oleh Narasumber Nurul Fatmawati M.Si dari Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Aceh Besar.

Penyaluran dana pinjaman modal usaha oleh PT ASABRI (Persero) kepada masyarakat sebagai Mitra Binaan ini dilakukan secara periodik setiap tahun, dan nilai nominal pinjamannya disesuaikan dengan prospek dan kemampuan usaha dari Mitra Binaan.

Sampai dengan saat ini tercatat ada 48 orang Mitra Binaan Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Banda Aceh dengan berbagai jenis usaha yang telah berhasil dalam menjalankan usahanya dan secara umum dapat memberikan mafaat dalam meningkatkan perekonomian Mitra Binaan. (OL-09)

BERITA TERKAIT