08 July 2020, 14:56 WIB

Bupati Klaten Cek Jalur Evakuasi Pengungsi Erupsi Gunung Merapi


Djoko Sardjono | Nusantara

BUPATI Klaten Sri Mulyani dengan didampingi jajaran Forkopimda mengecek  kondisi jalur evakuasi pengungsi di kawasan lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Sementara itu, jalur evakuasi pengungsi di kawasan lereng Merapi saat ini dalam kondisi rusak akibat sering dilintasi truk pengangkut bahan galian golongan C (pasir dan batu).

Pengecekan jalur evakuasi pengungsi tersebut, Selasa (7/7), sehubungan dengan aktivitas Gunung Merapi yang kini meningkat dari hasil pantauan BPPTKG Yogyakarta.

Bupati Sri Mulyani di Balai Desa Sidorejo mengatakan, bahwa dua hari lalu dirinya mendapat telepon dari BNPB yang meminta Pemkab Klaten untuk siaga Gunung Merapi.

Selain itu, BNPB juga minta dilakukan pengecekan shelter dan jalur evakuasi pengungsi, sekaligus mengurangi aktivitas di area penambangan bahan galian golongan C.

Baca juga: Merapi Jadi Alasan PSSI Coret Yogya Calon Lokasi Piala Dunia

Menurut Sri Mulyani, jalur evakuasi di kawasan lereng Gunung Merapi yang rusak akan segera diperbaiki dengan memanfaatkan anggaran pemeliharaan.

"Jalur evakuasi sisi barat yang rusak ruas jalan di Desa Tegalmulyo dan Desa Tlogowatu, dan sisi tengah di Desa Sidorejo. Ruas jalan itu sering dilintasi truk pengangkut pasir," ungkapnya.

Sebenarnya, Pemkab Klaten sudah menganggarkan Rp21 miliar untuk peningkatan jalur evakuasi di lereng Merapi. Namun, anggaran itu digeser untuk penanganan Covid-19.

Karena ada penggeseran anggaran tersebut, kata Sri Mulyani, rencana perbaikan jalur evakuasi pengungsi dengan memanfaatkan anggaran pemeliharaan Rp2,6 miliar.

"Untuk itu, Pemkab Klaten juga masih menunggu kepastian bantuan keuangan dari pemerintah provinsi untuk peningkatan jalur evakuasi di kawasan lereng Gunung Merapi," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sri Mulyani yang didampingi Forkopimda dan para kepala dinas terkait juga mengadakan dialog dengan Pemdes Sidorejo dan Tegalmulyo. (A-2)

 

BERITA TERKAIT