08 July 2020, 15:00 WIB

Gencar Swab Test, Positif Covid di Banyumas Bakal Melonjak


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) meneruskan tes usap (swab test) untuk berbagai elemen masyarakat termasuk aparatur sipil negera (ASN). Bahkan, dari 200 tes usap untuk tenaga kesehatan, 8 di antaranya positif. Pemkab akan terus melakukan tes usap untuk 4.000 orang, sehingga jangan terkejut kalau kasus Covid-19 akan meningkat jumlanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengetesan usap untuk berbagai elemen masyarakat. Setelah ASN dan khusus untuk tenaga kesehatan ditemukan delapan positif, maka tes usap akan dilaksanakan untuk warga secara acak.

"Sebelumnya juga telah ke dua pasar di Kota Purwokerto. Kami akan terus melanjutkan tes usap, karena kami telah menyiapkan 4.000 alat tes usap," jelas Bupati pada Rabu (8/7).

Baca Juga: Mengenal Rapid Test dan Swab Test

Sehingga jika nanti kasus Covid-19 di Banyumas mengalami peningkatan, maka masyarakat tidak perlu kaget. Hal itu dikarenakan pemkab melakukan pencarian secara agresif kepada warga yang masuk dalam orang tanpa gejala (OTG).

"Langkah ini sebagai upaya pemkab untuk melakukan perlindungan kepada masyarakat. Sebab, dengan mencari OTG menggunakan tes usap, maka akan dapat memberikan gambaran kasus senyatanya di Banyumas," kata dia.

Bupati mengatakan bahwa tes massal itu juga dilakukan untuk melindungi mereka yang sudah lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak di bawah umur. "Kami meminta kepada masyarakat untuk terus disiplin, terutama mengenakan masker, menjaga jarak sosial, serta mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir," tegasnya. (OL-13)

Baca Juga: 500 OTG Jalani Tes Swab Ulang di GOR Sidoarjo

BERITA TERKAIT