08 July 2020, 10:57 WIB

Edukasi Korona, Relawan PMI Sumut Turun ke Pasar Tradisional


Yoseph Pencawan | Nusantara

PALANG Merah Indonesia Sumatera Utara mengerahkan para relawan turun ke pasar tradisional di daerah Halat, Kota Medan untuk mengedukasi pengunjung dan pedagang pasar mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Ketua PMI Sumut Rahmat Shah mengatakan, sudah lima hari ini pihaknya menerjunkan para relawan di Pasar Halat untuk mengedukasi masyarakat.

"Kegiatan ini bertujuan mengajak pengunjung dan pedagang agar melaksanakan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di Pasar Halat," ujarnya, Rabu (8/7).

Selain menggunakan masker, masyarakat dan pedagang juga diingatkan agar senantiasa menjaga jarak (physical distancing) dan rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Selain memberikan edukasi, PMI Sumut juga menyediakan sejumlah tempat cuci tangan untuk memudahkan masyarakat dan pedagang membersihkan tangan.

Dalam kegiatan tersebut jika ada pengunjung pasar atau pedagang yang tidak mengenakan masker, maka relawan akan mendatanginya dan memberikan masker. PMI Sumut meyakini ini akan membantu upaya Pemkot Medan mengatasi pandemi Covid-19. Pasar tradisional dan modern menjadi tempat yang sangat potensial memicu klaster baru penularan Covid-19.

baca juga: 

Rahmat Shah mengatakan, bukan hanya Pemkot Medan, PMI Sumut pun siap membantu pihak lain dalam upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19. Pemerintah, Polri dan TNI serta pemangku kewenangan yang lain telah berusaha mengatasi pandemi, tetapi tidak akan berhasil tanpa peran aktif elemen masyarakat lain.(OL-3)
 

BERITA TERKAIT