08 July 2020, 02:10 WIB

Timnas U-16 Berharap Bisa Segera Uji Coba Internasional


Widhoroso | Nusantara

PELATIH timnas Indonesia U-16 Bima Sakti berkeinginan tim asuhannya dapat menjalani pertandingan uji coba internasional pada bulan depan. Laga tersebut untuk mengukur kekuatan pasukannya yang sudah mengikuti pemusatan latihan (TC).

Timnas Indonesia U-16, sudah memulai TC sejak 6 Juli di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Dijadwalkan, para pemain Garuda Muda mengikuti agenda tersebut sampai dengan 29 Juli mendatang.

Bima mengatakan fokus TC pada pekan pertama mengembalikan kondisi anak asuhnya. Ia memutuskan itu karena selama ini para pemain hanya berlatih secara virtual di kediaman masing-masing. "Mungkin minggu kedua mulai meningkat [program latihannya]. Kemudian di minggu ketiga mulai meningkat lagi, dan nanti itu di bulan Agustus sudah maksimal," kata Bima.

"Ya semoga saja situasi sudah semakin membaik, lebih kondusif lagi, sehingga kami bisa melakukan uji coba internasional Agustus mendatang," jelas eks Persiba Balikpapan itu.

Pelatih berusia 44 tahun tersebut memastikan bakal ada uji coba dengan tim lokal pada TC ini. Hanya saja, ia belum menyebutkan siapa lawan yang dihadapi timnas Indonesia U-16.

"Jadi kami hanya internal gim, kemudian ada pertandingan lawan tim lokal, dan itu nanti kami akan koordinasikan dengan tim dokter apakah tim lawan perlu dilakukan tes (kesehatan) juga. Karena tetap tujuan awal kami di sini TC harus bersih, harus sehat semuanya, tidak ada yang bermasalah," ujarnya.

Protokol kesehatan ketat memang diterapkan selama TC berlangsung, untuk mencegah terinfeksi virus korona yang penyebarannya masih luas di Tanah Air. Seluruh awak timnas Indonesia U-16 sudah menjalani rapid test dan swab test.

TC kali ini diikuti 26 pemain. Agenda tersebut merupakan rangkaian persiapan timnas Indonesia U-16 jelang tampil pada Piala Asia U-16, yang digelar di Bahrain, pada 25 November hingga 12 Desember 2020.

Tiga lawan kuat menanti timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan Piala Asia U-16. Marcell Januar Putra dan kawan-kawan menempati Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT