07 July 2020, 13:15 WIB

Ratusan Polisi Aktif Gunakan Narkoba Bakal Direhabilitasi


Dwi Apriani | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah Sumatra Selatan mencatat ada ratusan personil yang aktif menggunakan narkoba saat ini. Tepatnya ada 240 orang. Adapun ini diketahui usai adanya surat pengakuan dosa yang dibuat Kapolda Sumsel, Irjen Eko Indra Heri belum lama ini.

"Jadi memang catatan surat pengakuan dosa sudah kita terima. Total ada 240 personel yang pakai narkoba dan mereka mengakui itu," kata Kabid Humas Polda, Kombes Supriadi, Selasa (7/7).

Ia mengatakan, ratusan personel polisi aktif itu mengakui perbuatan terlarangnya dan siap untuk bertaubat termasuk siap mengikuti rehabilitasi. 

"Mereka semua siap untuk kita rehabilitasi. Jadi 240 personel juga tersebar di seluruh daerah Sumsel secara merata, ini tentu jadi catatan tersendiri," kata Supriadi.

Dijelaskannya, untuk proses rehabilitasi, rencana akan dilakukan selama empat gelombang. Para pemakai akan dibina agar tidak kembali mengkonsumsi barang haram itu. 

"Kita bina secara moral, keagamaan sama mentalnya nanti di Mapolda Sumsel. Karena ini jumlahnya banyak, kita lakukan bertahap,"  tegas Supriadi.

Supriadi menjelaskan, ratusan personel yang mengaku mengkonsumi narkoba adalah dari Bintara. Sementara untuk polisi dan berpangkat perwira masih nihil. 

"Semua bintara. Untuk perwira sejauh ini nihil, tidak ada. Ini adalah kebijakan yang cukup tegas dari Kapolda terkait perang melawan narkoba," harapnya.

baca juga: Niat Cari Ikan Dengan Menyetrum, Malah Kesetrum Hingga Tewas

Selain menerima surat pengakuan dosa, Kapolda Sumsel pun diinformasikan telah memberi peringatan keras terhadap Kapolres yang ada di Sumsel. Kapolres akan dimintai tanggungjawab atas keterlibatan anggota pada peredaran narkoba.

"Itu peringatan tegas, Kapolres jajaran juga harus bertanggungjawab juga sama anggotanya. Kalau ada terlibat peredaran langsung pecat, pidana umum juga jalan," pungkasnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT