07 July 2020, 11:46 WIB

Presiden Perintahkan Cari Pembiayaan Alternatif Tol Trans-Sumatra


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo meminta pembangunan Tol Trans-Sumatra dipercepat.

Saat ini, investasi masih menjadi salah satu faktor utama yang menghambat percepatan pembangunan infrastruktur tersebut.

Presiden mengungkapkan, untuk menyelesaikan 2.765 kilometer jalan tol yang membentang dari Daerah Istimewa Aceh hingga Lampung dibutuhkan dana sebesar Rp476 triliun.

Dari jumlah tersebut, pendanaan yang masih belum terpenuhi sekitar Rp386 triliun.

Baca juga: Kini Giliran Sofyan Djalil dan Sri Mulyani Ditegur Presiden

"Saya minta ini betul-betul dikalkulasi kelayakan finansialnya. Cari juga opsi-opsi untuk tambahan ekuitas dalam melanjutkan proyek ini," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/7).

Ia menegaskan harus ada terobosan-terobosan untuk mencari sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk mengurangi beban ekuitas dari PMN sehingga tidak bergantung pada APBN.

Pembangunan infrastruktur terutama jalan tol dinilai sangat penting untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

Dengan infrastruktur yang memadai, kegiatan ekonomi akan berjalan lebih cepat dan lancar

"Kita harapkan itu dapat mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Sumatera sehingga di sana akan ada efisiensi, waktu tempuh dan bisa meningkatkan multiplier effect hingga dua atau tiga kali lipat dari PDB," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT