07 July 2020, 11:34 WIB

Rayakan Ulang Tahun Ke-85, Dalai Lama Rilis Album


Basuki Eka Purnama | Internasional

PEMIMPIN spiritual Tibet Dalai Lama, Senin (6/7) merilis album musik pertamanya dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-85.

Album berjudul Inner World yang berisi mantera meditasi dan sabda-sabda Buddha yang dibacakan Dalai Lama terinspirasi dari warga Selandia Baru Junelle Kunin yang menghabiskan waktu lima tahun membujuk Dalai Lama untuk membuat rekaman.

Dalai Lama berkunjung ke rumah Kunin di Auckland tiga kali dan Kunin merekam sejumlah materi di kediamanan Dalai Lama di Dharamsala, India, tempat pemimpin Tibet itu diasingkan.

Baca juga: Pelajar di Tiongkok Ikut Ujian Masuk Perguruan Tinggi

"Dia memiliki visi yang jelas mengenai karyanya dan sangat berkomitmen," ujar Kunin yang memproduksi album itu bersama suaminya Abraham dalam wawancara dengan program radio Selandia Baru Nine to Noon.

"Ini bukan proyek relijius meski yang kami rekam adalah mantra. Ini hanyalah karya yang diharapkan bisa membantu banyak orang. Saya memikirkan apa yang kita butuhkan sehari-hari, yaitu keberanian dan kebijaksanaan. Jadi itu yang kami rekam," lanjutnya.

Dalai Lama telah memenangkan hadiah Nobel Perdamaian, menulis sejumlah buku laris, dan tampil di sejumlah film Hollywood. Namun, kiprahnya di dunia musik sangat minim.

Dia tampil di Festival Rock Glastonbury di Inggris, lima tahun lalu, saat Patti Smith menyanyikan lagu selamat ulang tahun ke-80 baginya.

Dalam sebuah video mempromosikan album itu, Dalai Lama menjelaskan alasannya bersedia merekam album tersebut.

"Menurut saya, tujuan hidup saya adalah mengabdi sebisa saya," tegasnya. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT