07 July 2020, 06:31 WIB

Seleksi Venue Piala Dunia 2026 Tertunda Covid-19


Antara | Sepak Bola

KEPUTUSAN final mengenai venue-venue untuk Piala Dunia 2026 yang diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko tertunda oleh wabah covid-19, kata badan sepak bola dunia FIFA. Ketua turnamen dan event FIFA Colin Smith mengungkapkan mereka awalnya berharap bisa menyelesaikan venue-venue musim semi 2020. Rencana itu didasarkan kepada awal proses Maret. lalu. Kemudian panitia harus menyelenggarakan dua putaran inspeksi sampai akhir tahun.
  
"Sudah pasti kami kini harus menunda hal itu," kata Smith dalam conference call menjelang workshop virtual Selasa (7/7) dengan 17 kota di Amerika Serikat yang masuk pertimbangan. 

"Sangat sulit memberikan tanggal pasti karena kami tak tahu kapan tanggal awal itu," tambahnya.
  
Workshop itu awalnya direncanakan berlangsung Maret tapi ditunda akibat covid-19. Kanada dan Meksiko yang masing-masing memiliki tiga kota calon, menggelar workshop-nya sendiri belum lama ini sebelum lockdown covid-19.  
  
"Tanggal awal workshop ini adalah besok tetapi belum jelas benar kapan pastinya kita bisa datang dan menyelenggarakan kunjungan inspeksi itu," kata Smith.
  
"Saya akan bilang kita perlu beberapa pekan guna melihat bagaimana segalanya berkembang dan kemudian saya akan bilang triwulan ketiga, awal triwulan keempat tahun ini kita akan punya gagasan lebih baik. Demikian pula dengan jadwal kunjungan inspeksi. Dan sudah tentu waktu yang dibutuhkan untuk seleksi venue."

baca juga: Cekcok Son dan Lloris Warnai Kemenangan Spurs Atas Everton
  

Kota-kota AS yang menjadi calon penyelenggara adalah Atlanta, Baltimore, Boston, Cincinnati, Dallas, Denver, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, Nashville, New York/New Jersey, Orlando, Philadelphia, San Francisco Bay area, Seattle dan Washington. FIFA akan memilih 16 dari 23 venue yang diajukan dalam penawaran bersama
itu. (OL-3)

BERITA TERKAIT