07 July 2020, 06:04 WIB

Istana Ubah Tradisi HUT Kemerdekaan


Pra/P-3 | Politik dan Hukum

PANDEMI covid-19 tidak menjadi alasan bagi pemerintah untuk mengurungkan perayaan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT ke-75 RI). Pergelaran akan tetap dilaksanakan, tetapi dengan tata cara yang berbeda dari biasanya.Jika di tahun-tahun sebelumnya perayaan dipusatkan di Istana Negara Jakarta dan dihadiri ratusan peserta, tahun ini tidak akan dihelat seperti itu.Upacara hanya akan dihadiri Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istri, Wury Estu Handayani. Presiden dan Wakil Presiden akan didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sementara itu, para menteri dan mantan presiden akan menyaksikan acara tersebut melalui siaran langsung. Begitu pun untuk para perwakilan negara-negara sahabat dan tamu undangan lainnya.

Kendati dilaksanakan secara berbeda, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan perayaan akan tetap berjalan dengan khidmat dan meriah. “Kita tetap harus menunjukkan bahwa kita adalah negara besar yang kukuh secara ekonomi, sosial, dan budaya. Meskipun kita lakukan secara sederhana, tapi tetap meriah,” ujar Pratikno di kantornya, Jakarta, kemarin.

Beberapa agenda pengiring perayaan pun sudah disiapkan. Atraksi-atraksi yang memadukan unsur budaya dan kreativitas akan ditampilkan untuk menghibur seluruh rakyat Indonesia.

Pemerintah pun akan menggelar perlombaan yang melibatkan masyarakat secara langsung. “Akan ada lomba video digital terkait bagaimana kita merayakan 17 Agustus di kampung, di lingkungan kita. Kita dapat menunjukkan keindahan, keasrian, kreativitas di tengah situasi pandemi covid-19,” imbuh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Hasil perlombaan yang berlangsung secara daring itu akan dinilai dewan juri, lalu diumumkan siapa saja yang menjadi pemenang. “Karena keterbatasan, semua hasil perlombaan itu akan disampaikan dengan format video oleh tim penilai,” jelas Wishnutama.

Semua peserta, tambahnya, harus mengindahkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan. (Pra/P-3)

BERITA TERKAIT