07 July 2020, 02:45 WIB

Hentikan Penyebaran Covid-19, Dukungan Masyarakat Dibutuhkan


M Taufan SP Bustan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Tengah, optimistis penyebaran virus korona segera berakhir. Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Jumriani Yunus menilai, keyakinan Sulteng terbebas dari korona perlu dukungan masyarakat.

"Masyarkat harus tetap disiplin. Utamakan protokol kesehatan. Baik itu menjaga jarak, menggunakan masker, dan tetap rajin mencuci tangan," terangnya di Palu, Senin (6/7).

Menurut Jumriani, berdasarkan rilis Pusdatina Covid-19 Pemprov Sulteng, hingga saat ini pasien terkonfirmasi positif korona sebanyak 186 orang. Sementara itu, pasien sembuh dari korona terus bertambah dengan total menjadi 158 orang. Angka penambahan pasien sembuh dalam sehari rata-rata 1 sampai 3 orang di kabupaten/kota.

Walau demikian, rumah sakit rujukan di daerah ini tetap siap menerima pasien korona. "Meski berkurang dan tidak ada penambahan pasien baru sejumlah rumah sakit rujukan tetap stand by," tegasnya.

Jumriani menambahkan apabila masyarakat tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan, Sulteng diyakini akan terbebas dari korona pada Agustus mendatang. Keyakinan tersebut sebagaimana yang diberitakan sebelumnya diperkirakan Covid-19 di daerah ini mulai berakhir Agustus mendatang.

"Berdasarkan penelitian yang ada, kita perkirakan sampai Agustus baru normal. Kita baru menuju ke puncak dalam empat sampai lima hari ke depan," tandasnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT