07 July 2020, 06:30 WIB

Najwa Shihab Perankan Tokoh Utama di Adaptasi Cerpen Pram


Fathurrozak | Weekend

JURNALIS dan pembawa acara terkenal Najwa Shihab akan berperan sebagai Aminah, tokoh utama dalam adaptasi cerpen Berita dari Kebayoran karya penulis legendaris Pramoedya Ananta Toer. Cerpen yang tergabung dalam kumcer Cerita dari Jakarta karya Pram itu dialih wahana menjadi drama audio dalam seri siniar bertajuk Sandiwara Sastra. 

Najwa akan beradu suara dengan aktor peraih piala citra Chicco Jerikho, yang berperan sebagai penarik gerobak bernama Diman yang juga merupakan kekasih Aminah.

“Kisahnya tragis, soal pembebasan lahan di kampung. Dan membuat orang tersingkir dari kampung mereka dan akhirnya pergi ke kota. Nasib itu yang juga menimpa Aminah. Dia pergi dari Kebayoran. Sketsa waktunya era 1950-an. Aminah dari kampung pindah ke Jakarta dan akhirnya dia menjadi pelacur,” beber Najwa saat konferensi virtual peluncuran siniar Sandiwara Sastra yang diinisiasi Titimangsa Foundation, kawan-kawan media, dan didukung Kemendikbud, pada Senin, (6/7).

Selain Najwa dan Chicco, drama audio tersebut juga akan dibintangi Lulu Tobing. Sementara, aktor senior Mathias Muchus menjadi narator cerita. Berita dari Kebayoran merupakan salah satu dari 13 cerita yang terkumpul dalam buku Cerita dari Jakarta, yang memiliki latar waktu medio 1948-1956.

“Ini khas Pram, menyampaikan kritik sosial di dalamnya. Menyoroti situasi dalam negeri pasca kemerdekaan yang jauh dari harapan. Ini potret suram negeri kita yang digambarkan secara indah oleh Pram," tambah Najwa. (M-1)

BERITA TERKAIT