06 July 2020, 16:15 WIB

Pandemi Covid-19 di Indonesia Jadi Tantangan Pengusaha


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PANDEMI covid-19 yang melanda Indonesia dan sebagian besar dunia memang telah membuat perekonomian terpuruk. Untuk itu pemerintah mengeluarkan kebijakan kenormalan baru untuk mengembalikan perekonomian nasional.
 
Kebijakan itu pun disambut gembira para investor dan pengusaha. Mereka mulai berani kembali menanamkan modal atau membuka usaha.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Dimanfaatkan Investor untuk Beli Saham

Salah satunya seperti yang dilakukan retail kenamaan XIMIVOGUE. Internasional Multiproduct Retail brand yang memiliki 1.600 outlet di 87 negara itu resmi membuka outlet pertamanya di Pluit Village Mall, Jakarta pada akhir pekan lalu. Diungkapkan Business Development Director PT Ximi Internasional, Firman, bukan perkara mudah membuka bisnis store retail di era pandemi ini. Sebab mereka banyak terbentur protokol kesehatan yang membatasi pergerakan konsumen.

Meski begitu ia optimistis bisnis Ximivogue Indonesia bakal terus berkembang. Sebab, persiapan telah dilakukan secara matang.

“Desain produk yang unik dan menarik menjadi salah satu kekuatan kami. Di era yang penuh persaingan ini, kreativitas menjadi kunci untuk terus bertahan dan berkembang. Bagaimana menciptakan produk yang fungsional sekaligus unik dan menarik dari sisi desain. Kami juga memiliki tim yang solid, termasuk, ada tim yang fokus pada pengembangan brand dan ada yang fokus menjaga sisi keuangan. Semua strategi kami kalkulasi dengan baik,” ujarnya, Senin (6/7).

Selain itu, tujuan mereka juga baik, yakni membantu pemerintah dalam membuka lapangan kerja baru. Ia pun bersyukur, pembukaan store Ximivogue Indonesia bisa menambah lapangan kerja di tengah pandemi ini. "Setidaknya kami senang bisa membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja baru."

Menurut Firman, membuka store di era pandemi ini, ketika berbagai sektor bisnis tengah lesu, sebenarnya justru bisa memberi keuntungan. Antara lain, pihaknya bisa mendapatkan lokasi store yang strategis.  

“Selain memudahkan datangnya konsumen, ada pula pengunjung yang sudah menjajagi prospek kerja sama bisnis untuk pembukaan store berikutnya,” kata Firman. Ia juga menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuka store kedua di Gandaria City.

Selain di Indonesia, retail yang mengusung desain Korea itu antara lain ada di negara Australia, Amerika Serikat, Kanada, Turki, Bulgaria, Singapura, Sri Lanka, Brasil, Polandia, Rumania, Tiongkok, Hongaria, India, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. XIMIVOGUE menghadirkan produk retail yang mencakup delapan kategori produk antara lain alat rumah tangga, produk kecantikan, alat tulis, aksesoris, dan tas. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT