06 July 2020, 13:20 WIB

Presiden Barcelona Sebut Real Madrid Kerap Dibantu VAR


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Presiden Barcelona Josep Bartomeu mengatakan Real Madrid kerap dibantu oleh video assistant refeeree (VAR) dalam meraih hasil positif dalam beberapa laga terakhir.

Ia mengatakan kemenangan yang diraih Madrid dalam beberapa laga terakhir lahir dari keputusan VAR yang berujung pada gol kemenangan. Terakhir, Madrid membungkam Athletic Bilbao dengan skor 1-0 melalui gol penalti Sergio Ramos.

VAR mengeluarkan keputusan memberikan penalti setelah menilai Marcelo telah dilanggar di kotak terlarang. Sementara pengadil di tengah lapangan tetap melanjutkan pertandingan. Bartomue mengatakan VAR telah digunakan tak semestinya.

"Saya menonton pertandingan di Bilbao dan meskipun saya tidak suka mengatakannya, saya akan mengulangi bahwa VAR tidak digunakan sebagaimana mestinya," ujar Bartomeu, kepada Movistar, dilansir dari AS, Senin (6/7).

Baca juga: Ramos Tegaskan Real Madrid tidak Dibantu Wasit

Bartomeu mengatakan sejak La Liga kembali bergulir pada pertengahan Juni, keputusan VAR kerap menguntungkan Real Madrid. Ia mengaku seharusnya VAR membantu wasit untuk mengeluarkan keputusan yang tepat dan adil. Namun, kenyataan di lapangan, lanjutnya, VAR membuat keputusan sendiri yang menguntungkan satu pihak.

"Sejak sepak bola kembali setelah krisis covid-19 itu tidak sama, yang telah tercermin dalam hasil dan tampaknya seolah-olah selalu memihak tim yang sama. VAR harus ada untuk membantu wasit, tetapi dalam beberapa minggu terakhir semua orang telah dapat melihat itu tidak digunakan secara adil," ungkap Bartomeu.

Bartomeu kian jengkel, karena Madrid saat ini unggul 4 angka atas Barcelona dalam perburuan gelar juara musim ini. Madrid meraih 7 kemenangan beruntun sejak La Liga bergulir. Sementara Barcelona meraih empat kemenangan dan tiga hasil imbang. (AS/OL-14)

BERITA TERKAIT