06 July 2020, 12:44 WIB

Kinerja Menteri Membaik, Pratikno: Reshuffle sudah tidak Relevan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

MENTERI Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan isu perombakan kabinet sudah tidak lagi relevan.

Pasalnya, para menteri dan pimpinan lembaga sudah menunjukkan kinerja yang baik setelah Presiden Joko Widodo memberikan teguran keras.

Dalam waktu yang relatif singkat, ucap Pratikno, progres berbagai program percepatan penangaam covid-19 sudah bergerak pesat. Kebijakan-kebijakan mulai dijalankan, serapan anggaran pun sudah meningkat.

"Kalau progresnya bagus, kenapa reshuffle. Tentunya dengan progres yang bagus, isu reshuffle tidak relevan lagi. Sejauh progresnya bagus terus. sekarang sudah bagus dan semoga bagus terus," ujar Pratikno di kantornya, Jakarta, Senin (6/7).

Baca juga: Reshuffle Kabinet untuk Genjot Kinerja

Ia juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi ingin pandemi ini menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk melaksanakan reformasi di tubuh kementerian dan lembaga negara secara fundamental.

Dengan demikian, di masa mendatang, sekalipun muncul persoalan pelik seperti saat ini, institusi negara tidak kelabakan, pekerjaan tetap bisa dilakukan secara maksimal di tengah kondisi apapun.

"Karena memang permasalahan kemarin kan, mungkin juga karena kantor-kantor pemerintahan sempat tidak sepenuhnya optimal. Itu waktu transisi awal-awal itu. Jadi bapak presiden merasa bahwa mestinya lembaga-lembaga pemerintahan terutama sekali kabinet bisa bekerja lebih maksimal dangen kinerja yang lebih baik," jelas dia. (A-2)

BERITA TERKAIT