06 July 2020, 12:35 WIB

Merapi Jadi Alasan PSSI Coret Yogya Calon Lokasi Piala Dunia


Ardi Teristi Hardi | Sepak Bola

PSSI mencoret Yogyakarta dari kandidat tuan rumah piala dunia dengan alasan  aktivitas Gunung Merapi. Alasan tersebut dinilai tidak relevan. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan, Merapi memang memiliki aktivitas. 

"Kalau alasannya takut Merapi, selamanya ada (aktivitas) karena (Merapi) tidak bisa pindah. Ya, terus menjadi masalah. Le arep mindah Merapi piye? (Mau memindah Merapi) gimana caranya?" terang Sultan, Senin  (6/7) di Komplek Kepatihan.

Menurut dia, takut terhadap bahaya aktivitas Merapi juga tidak bisa dijadikan alasan. Jika Merapi berbahaya, lanjut Sultan, rakyat Yogyakarta pasti sudah pindah semua. Sultan mengungkapkan, keputusan memilih lokasi yang akan diajukan ke FIFA sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ada di tangan PSSI. PSSI mungkin memiliki pertimbangan tempat lain untuk diusulkan menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang dinilai lebih layak dan representatif.

baca juga: Bhayangkara FC Siap Ikut Liga 1 Di Tengah Kesulitan Keuangan

Sultan menyatakan, pihaknya telah memperjuangkan untuk menjadi salah satu tempat pengenyelenggaraan Piala Dunia U-20. Salah satunya, Pemda DIY telah mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki stadion, misalnya lampu dan tempat duduk.

"Kalau memang batal dan itu pasti, yo wes, duite ta nggo Covid wae (uangnya digunakan untuk penanganan Covid saja)," pungkas Sultan. (OL-3)

BERITA TERKAIT