06 July 2020, 11:25 WIB

Uji Coba Bus Listrik TransJakarta Digelar Hingga Akhir 2020


Cindy Ang | Megapolitan

PT TransJakarta berencana menguji coba 100 bus listrik hingga akhir 2020. Uji coba akan digelar langsung di sejumlah jalur TransJakarta.

"Kita baru punya dua bus listrik yang akan diuji coba. Kami, direksi TransJakarta, mencanangkan 100 bus untuk uji coba sampai akhir tahun," kata Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo lewat konferensi pers daring, Senin (6/7).

Sardjono memastikan bus listrik akan memberi manfaat yang baik untuk Jakarta. Selain menekan polusi udara, bus listrik juga memproduksi desibel/intensitas suara yang rendah.

Baca juga: TransJakarta belum Berencana Naikkan Tarif

"Jauh dari bising, dia akan sangat silent, tidak berisik dan pasti tidak ada asap karena dia menggunakan listrik," ucap mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines itu.

Uji coba dua unit bus listrik digelar mulai hari ini, Senin (6/7). Bus listrik akan diuji coba di rute Balai Kota-Blok M selama tiga bulan ke depan.

"Setelah tiga bulan kita sama-sama lihat seperti apa, kalau layak kita perbanyak dan promosikan," kata Sardjono.

Layanan bus listrik uji coba ini akan beroperasi setiap hari, mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Headway atau rentang waktu keberangkatan setiap 45 menit sekali dan berhenti di halte-halte non-BRT (bus rapid transit) di sepanjang rute Balai Kota-Blok M. (OL-1)

BERITA TERKAIT