05 July 2020, 16:40 WIB

Golkar Targetkan Menang Pilkada di 60% Daerah


Ardi Teristi | Politik dan Hukum

PARTAI Golkar menargetkan kemenangan 60% dalam pilkada serentak. Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan empat kabupaten dan satu kota, target minimal adalah menang di tiga wilayah.

Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar, Agung Laksono mengemukakan hal tersebut, di Bantul, DIY, Sabtu (4/7). Agung menegaskan sangat penting bagi Partai Golkar untuk berada di dalam pemerintahan daerah. Itu adalah karakteristik Partai Golkar dalam upaya menyukseskan pembangunan nasional untuk kesejahteraan rakyat melalui  pemerintahan yang sah.

Ia menyebut, ada beberapa strategi yang membuat Partai Golkar yakin mencapai target tersebut. Landasasannya, Partai Golkar memiliki soliditas dan kekompakan yang sangat baik.

"Penetapan calon atau kandidat bukan atas dasar perkoncoan, bukan atas dasar nomer piro wani piro (NPWP), melainkan atas dasar survei kepada rakyat," kata dia. 

Lewat survei, lanjut Agung, kandidat yang diusung bisa lebih objektif. Ia menegaskan kandidat yang diusung oleh Partai Golkar untuk pilkada tidak harus dari kader, tetapi bisa juga dari luar Partai Golkar. Namun, kader dari Partai Golkar lebih diutamakan.

Dalam menanggapi target yang ditetapkan DPP Partai Golkar, Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman menyatakan kesiapannya untuk memenuhi. Pada 2020, ada tiga pilkada di DIY, yaitu Kabupaten Gunungkidul, Bantul, dan Sleman. (P-2)

BERITA TERKAIT