05 July 2020, 14:05 WIB

Mukomuko Kini Miliki Alat Deteksi Gempa Generasi Baru


Marliansyah | Nusantara

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu, memasang alat sistem pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sebagai daerah rawan bencana alam pada Jumat (3/7).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Syahrizal di Bengkulu, mengatakan, BMKG Fatmawati Bengkulu, memasang alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, karena dianggap daerah rawan bencana alam.

Baca Juga:

"Alat sistem pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami telah dipasang di kantor BPBD Kabupaten Mukomuko, karena rawan terjadinya gempa bumi dan tsunami," kata Syahrizal, Minggu (5/7).

Alat pendeteksi tersebut, lanjut dia, telah dipasang di kantor BPBD setempat karena ada operatornya. Alat pendeteksi Early Warning System (EWS) generasi baru ini lebih canggih dari alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami yang ada di BPBD setempat karena mampu mendeteksi kekuatan gempa bumi di bawah lima magnitudo.

EWS yang ada selama ini di BPBD pemantau gempa bumi dan tsunami hanya mampu mendeteksi kekuatan gempa bumi yang berkekuatan di atas 5,0 pada Skala Richter (SR) dan  kekuatan gempa bumi di bawah lima SR tidak terpantau oleh alat yang ada.

Selain itu, BPBD setempat akan mengambil seluruh informasi terkait dengan gempa bumi yang berkuatan besar maupun kecil. Setelah informasi diperoleh dari alat tersebut, maka disebarluarkan kepada masyarakat. (OL-13)

Baca Juga:  Alat Pendeteksi Gempa BMKG Palu Dicuri

 

BERITA TERKAIT